FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU MASYARAKAT DALAM MEMBELI OBAT DI WARUNG

EKA RAHAYU, KURNIA (2020) FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU MASYARAKAT DALAM MEMBELI OBAT DI WARUNG. S1 thesis, Universitas Ngudi Walyo.

[img] Text
S1 050115A045 ARTIKEL.pdf

Download (710kB)
[img] Text
S1 050115A045 PENGESAHAN ARTIKEL.pdf

Download (113kB)
[img] Text
S1 050115A045 HALAMAN JUDUL.pdf

Download (107kB)
[img] Text
S1 050115A045 LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (789kB)
[img] Text
S1 050115A045 ABSTRACK.pdf

Download (92kB)
[img] Text
S1 050115A045 BAB I.pdf

Download (164kB)
[img] Text
S1 050115A045 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (429kB)
[img] Text
S1 050115A045 BAB III.pdf

Download (240kB)
[img] Text
S1 050115A045 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB)
[img] Text
S1 050115A045 BAB V.pdf

Download (151kB)
[img] Text
S1 050115A045 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img] Text
S1 050115A045 SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Swamedikasi atau pengobatan sendiri dalam pengertian umum adalah upaya yang dilakukan untuk mengobati diri sendiri menggunakan obat, obat tradisional, atau cara lain tanpa nasihat tenaga kesehatan. Pengobatan sendiri dilakukan untuk meningkatkan kesehatan atau mencegah sakit, mengatasi keluhan yang bersifat ringan saja. Untuk melakukan pengobatan sendiri seseorang juga harus mengetahui kegunaan dari setiap obat, sehingga dapat mengevaluasi sendiri perkembangan penyakitnya. Penggunaan obat tersebut hendaknya dilakukan secara tepat baik rute pemberian, aturan pemakaian maupun lama pemakaian. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui gambaran pengetahuan dan faktor-faktor yang mempengaruhi masyarakat Desa Tuntang dan Desa Candirejo Kecamatan Tuntang dalam membeli obat diwarung. Metode : Penelitian ini dikategorikan dalam penelitian non eksperimental dengan menggunakan metode penelitian deskriptif analitik dengan pengambilan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden yang di ambil secara purposive sampling. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif berupa karakteristik responden, pengetahuan, promosi merk obat dan faktor ekonomi. Hasil : Hasil rata-rata dari pengetahuan swamedikasi sebesar 53,6, rata-rata dari promosi merk obat sebesar 67,8 dan rata-rata dari faktor ekonomi adalah sebesar 66,4.. Masyarakat mendapatkan sumber informasi tentang obat paling banyak adalah melalui televisi sebesar 38,0%. Simpulan: Promosi merk obat adalah faktor yang paling berpengaruh dalam perilaku masyarakat untuk membeli obat diwarung. Tidak ada terdapat apotek di Desa candirejo dan Desa Tuntang, masyarakat harus menggunakan alat transportasi jika ingin menuju ke Apotek karena letak Apotek terdekat ada di desa lain di Kecamatan Tuntang.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIDNEmail
Thesis advisorDyahariesti, Nikennidn0609118702library@unw.ac.id
Keywords: Swamedikasi, Pengetahuan, Pembelian Obat di Warung
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas UNW > S1 Farmasi
User Id: UPT Perpustakaan UNW 2
Date Deposited: 28 Apr 2020 02:24
Last Modified: 06 Nov 2023 01:54
URI: http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/723

Actions (login required)

View Item View Item