PENGARUH FLIPPED CLASSROOM MODEL BERBANTUAN VIDEO INTERAKTIF TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

CAHYO SAPUTRO, KRISTINA (2025) PENGARUH FLIPPED CLASSROOM MODEL BERBANTUAN VIDEO INTERAKTIF TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.

[img] Text
Kristina Cahyo Saputro 134191011 halaman Judul - Mr.C Saputra.pdf

Download (111kB)
[img] Text
kristina cahyo saputro 134191011 lampiran depan - Mr.C Saputra.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Kristina Cahyo Saputro HALAMAN PENGESAHAN ARTIKEL - Mr.C Saputra.pdf

Download (200kB)
[img] Text
134191011 kristina cahyo saputro abstrak - Mr.C Saputra.pdf

Download (131kB)
[img] Text
Kristina Cahyo Saputro 134191011 Artikel - Mr.C Saputra.docx
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
Kristina Cahyo Saputro 134191011 Artikel - Mr.C Saputra.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Kristina cahyo saputro 134191011 BAB I - Mr.C Saputra.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Kristina Cahyo Saputro 134191011 BAB III - Mr.C Saputra.pdf

Download (6MB)
[img] Text
kristina cahyo saputro 134191011 lembar konsultasi dosen - Mr.C Saputra.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Kristina Cahyo Saputro 134191011 BAB V - Mr.C Saputra.pdf

Download (6MB)
[img] Text
kristina cahyo saputro 134191011 fulltext - Mr.C Saputra.docx
Restricted to Registered users only

Download (14MB) | Request a copy
[img] Text
Kristina Cahyo Saputro 134191011 LAMPIRAN BELAKANG - Mr.C Saputra.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
kristina cahyo saputro 134191011 fulltext - Mr.C Saputra.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
Kristina Cahyo saputro 134191011 DAFTAR PUSTAKA - Mr.C Saputra.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa baik siswa kelas V SD Wujud Kasih Ungaran. Dan SD Kristen Bandarjo memahami ide-ide kunci setelah dipaparkan dengan Flipped Classroom Model berbantuan Video Interaktif Metodologi yang digunakan bersifat kuantitatif dan berbentuk percobaan yaitu Quasi Experimental Design dengan Pre-test Post-test Design. Seluruh siswa kelas V SD Wujud Kasih Ungaran dan SD Kristen Bandarjo. dijadikan sebagai sampel penelitian. Metode tes dan non- tes (termasuk observasi, wawancara tidak terstruktur, dan dokumentasi gambar/foto) digunakan untuk mengumpulkan informasi. Regresi Linear Sederhana dan Independent Sample T-Tests digunakan untuk menganalisis data. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen dalam hal pemahaman konsep siswa (ditunjukkan dengan Independent Sample T-Test, pada taraf signifikansi 0,005 < 0,05); dan (2) penerapan Flip Classroom model berbantuan Video Interaktif berpengaruh positif pada pemahaman konsep siswa (ditunjukkan dengan Uji Regresi Linier Sederhana, pada taraf signifikansi 0,023 < 0,05). Agar ada dampak positif pada pemahaman ide-ide kunci siswa melalui penerapan metodologi flipped classroom model berbantuan video interaktif Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Video Interaktif, Flipped Classroom Model

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIDNEmail
Thesis advisorYuni Purwanti, KartikaNIDN0623069201library@unw.ac.id
Keywords: Pemahaman Konsep, Video Interaktif, Flipped Classroom Model, Kristina Cahyo Saputro, 134191011
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas UNW > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
User Id: UPT Perpustakaan UNW 3
Date Deposited: 04 Jun 2025 02:20
Last Modified: 04 Jun 2025 02:20
URI: http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/5042

Actions (login required)

View Item View Item