CAHYO SAPUTRO, KRISTINA (2025) PENGARUH FLIPPED CLASSROOM MODEL BERBANTUAN VIDEO INTERAKTIF TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.
![]() |
Text
Kristina Cahyo Saputro 134191011 halaman Judul - Mr.C Saputra.pdf Download (111kB) |
![]() |
Text
kristina cahyo saputro 134191011 lampiran depan - Mr.C Saputra.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Kristina Cahyo Saputro HALAMAN PENGESAHAN ARTIKEL - Mr.C Saputra.pdf Download (200kB) |
![]() |
Text
134191011 kristina cahyo saputro abstrak - Mr.C Saputra.pdf Download (131kB) |
![]() |
Text
Kristina Cahyo Saputro 134191011 Artikel - Mr.C Saputra.docx Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Kristina Cahyo Saputro 134191011 Artikel - Mr.C Saputra.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Kristina cahyo saputro 134191011 BAB I - Mr.C Saputra.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
Kristina Cahyo Saputro 134191011 BAB III - Mr.C Saputra.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
kristina cahyo saputro 134191011 lembar konsultasi dosen - Mr.C Saputra.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Kristina Cahyo Saputro 134191011 BAB V - Mr.C Saputra.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
kristina cahyo saputro 134191011 fulltext - Mr.C Saputra.docx Restricted to Registered users only Download (14MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Kristina Cahyo Saputro 134191011 LAMPIRAN BELAKANG - Mr.C Saputra.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
![]() |
Text
kristina cahyo saputro 134191011 fulltext - Mr.C Saputra.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Kristina Cahyo saputro 134191011 DAFTAR PUSTAKA - Mr.C Saputra.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa baik siswa kelas V SD Wujud Kasih Ungaran. Dan SD Kristen Bandarjo memahami ide-ide kunci setelah dipaparkan dengan Flipped Classroom Model berbantuan Video Interaktif Metodologi yang digunakan bersifat kuantitatif dan berbentuk percobaan yaitu Quasi Experimental Design dengan Pre-test Post-test Design. Seluruh siswa kelas V SD Wujud Kasih Ungaran dan SD Kristen Bandarjo. dijadikan sebagai sampel penelitian. Metode tes dan non- tes (termasuk observasi, wawancara tidak terstruktur, dan dokumentasi gambar/foto) digunakan untuk mengumpulkan informasi. Regresi Linear Sederhana dan Independent Sample T-Tests digunakan untuk menganalisis data. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen dalam hal pemahaman konsep siswa (ditunjukkan dengan Independent Sample T-Test, pada taraf signifikansi 0,005 < 0,05); dan (2) penerapan Flip Classroom model berbantuan Video Interaktif berpengaruh positif pada pemahaman konsep siswa (ditunjukkan dengan Uji Regresi Linier Sederhana, pada taraf signifikansi 0,023 < 0,05). Agar ada dampak positif pada pemahaman ide-ide kunci siswa melalui penerapan metodologi flipped classroom model berbantuan video interaktif Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Video Interaktif, Flipped Classroom Model
Item Type: | Thesis (S1) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Keywords: | Pemahaman Konsep, Video Interaktif, Flipped Classroom Model, Kristina Cahyo Saputro, 134191011 | ||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas UNW > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||
User Id: | UPT Perpustakaan UNW 3 | ||||||||
Date Deposited: | 04 Jun 2025 02:20 | ||||||||
Last Modified: | 04 Jun 2025 02:20 | ||||||||
URI: | http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/5042 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |