Thohiriyah, Umie Wahidatun (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Small Group Discussion (Sgd) Dengan Berbantuan Media Puzzle Box Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Sdn Bandungan 01. S1 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.
Text
Artikel Umie - bolikuu.pdf Restricted to Registered users only Download (648kB) | Request a copy |
|
Text
Artikel Umie - bolikuu.docx Restricted to Registered users only Download (77kB) | Request a copy |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN artikel - bolikuu.pdf Download (326kB) |
|
Text
ABSTRACT - bolikuu.pdf Download (153kB) |
|
Text
cover - bolikuu.pdf Download (162kB) |
|
Text
lampiran depan - bolikuu.pdf Download (789kB) |
|
Text
BAB I - bolikuu.pdf Download (215kB) |
|
Text
BAB II (2) - bolikuu.pdf Restricted to Registered users only Download (796kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III (1) - bolikuu.pdf Download (694kB) |
|
Text
BAB IV - bolikuu.pdf Restricted to Registered users only Download (221kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN - bolikuu.pdf Download (166kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA - bolikuu.pdf Restricted to Registered users only Download (386kB) | Request a copy |
|
Text
CamScanner 02-09-2024 16.31 - bolikuu.pdf Download (2MB) |
|
Text
LAMPIRA1 - bolikuu.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text
SKRIPSI REVISI UMIE (2) (1) - bolikuu.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text
SKRIPSI REVISI UMIE (2) - bolikuu.docx Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini mengkaji pengaruh model pembelajaran Small Group Discussion (SGD) berbantuan media Puzzle Box terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa kelas III Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode quasi-experimental design dengan desain purposive sampling. Subjek penelitian adalah siswa kelas III A dan III B SDN Bandungan 01. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes (pre-test dan post-test) dan non-tes (observasi, angket, wawancara tidak terstruktur, dan dokumentasi). Teknik analisis data meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji independent sample t-test, dan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan dalam pemahaman konsep siswa antara kelompok eksperimen yang menggunakan model pembelajaran SGD berbantuan media Puzzle Box dan kelompok kontrol yang tidak menggunakannya. Nilai rata-rata pemahaman konsep siswa di kelas eksperimen (87,28) lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol (76,89). Selain itu, terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran SGD berbantuan media Puzzle Box terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa, dengan nilai R Square sebesar 0,755 atau 75,5%. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran SGD berbantuan media Puzzle Box dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa sebesar 75,5%. Simpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran Small Group Discussion (SGD) berbantuan media Puzzle Box terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa kelas III Sekolah Dasar. Penggunaan media Puzzle Box dalam model SGD memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik dan interaktif, sehingga siswa lebih aktif dalam berdiskusi dan memahami konsep. Kata Kunci: pemahaman konsep, puzzle box, small group discussion
Item Type: | Thesis (S1) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Keywords: | pemahaman konsep, puzzle box, small group discussion,Umie Wahidatun Thohiriyah 131201020 | ||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas UNW > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||
User Id: | UPT Perpustakaan 6 | ||||||||
Date Deposited: | 13 Nov 2024 01:15 | ||||||||
Last Modified: | 13 Nov 2024 01:15 | ||||||||
URI: | http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/4790 |
Actions (login required)
View Item |