HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS PENGGUNAAN GADGET DENGAN PERKEMBANGAN PERSONAL SOSIAL DAN BAHASA PADA ANAK USIA PRASEKOLAH (3-6 TAHUN) DI TK KUNCUP MEKAR DESA GOGIK KECAMATAN UNGARAN BARAT KABUPATEN SEMARANG

Arsfandi, Asraria (2023) HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS PENGGUNAAN GADGET DENGAN PERKEMBANGAN PERSONAL SOSIAL DAN BAHASA PADA ANAK USIA PRASEKOLAH (3-6 TAHUN) DI TK KUNCUP MEKAR DESA GOGIK KECAMATAN UNGARAN BARAT KABUPATEN SEMARANG. S1 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.

[img] Text
ABSTRAK SKRIPSI1 - Asraria Arsfandi.pdf

Download (128kB)
[img] Text
BAB I (2) - Asraria Arsfandi.pdf

Download (140kB)
[img] Text
BAB III (4) - Asraria Arsfandi.pdf

Download (176kB)
[img] Text
BAB V (4) - Asraria Arsfandi.pdf

Download (90kB)
[img] Text
LAMPIRAN JUDUL - Asraria Arsfandi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
JURNAL SKRIPSI - Asraria Arsfandi.docx
Restricted to Registered users only

Download (554kB)
[img] Text
SIAKAD - Asraria Arsfandi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB_1-5_BETUL__Asraria_Arsfandi (152211008) (1) (2) - Asraria Arsfandi.docx
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text
Salin-BAB_1-5_BETUL__Asraria_Arsfandi (152211008) (1) (2) - Asraria Arsfandi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Latar Belakang : Anak-anak antara usia 3 dan 6 tahun juga disebut remaja atau dewasa muda. Masa prasekolah merupakan masa yang penting dalam proses perkembangan dan perkembangan manusia, karena pada masa ini pertumbuhan utama mempengaruhi dan menentukan perkembangan anak pada akhirnya(Soetjiningsih, 2016). Perkembangan teknologi dewasa ini semakin pesat. Dari hasil dari studi pedahuluan dilakukan wawancara pada Guru dan Murid, hasil wawancara dengan Guru menyatakan ada berapa orang anak mengalami gangguan perkembangan, serta wawancara yang dilakukan pada 10 orang anak/murid dengan hasil didapatkan dari 10 orang anak/murid tersebut menggunakan gadget dari pulang sekolah sampai sore. Tujuan : Menganalisis hubungan antara intensitas penggunaan gadget dengan perkembangan personal sosial dan bahasa pada anak usia prasekolah (3-6 tahun) Di TK Kuncup Mekar Desa Gogik, Kecamatan Ungaran Barat , Kabupaten Semarang Metode : Penelitian ini menggunakan jenis penelitian analitik kuantitatif dalam bentuk observasional. Penelitian dengan jumlah populasi 53 anak. Teknik pangambilan sampel dengan pusposive sampling, dengan jumlah sampel 27 responden yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan lembar Denver II. Penelitian ini di uji menggunakan analisis non parametrik yaitu Chi Square. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan antara intensitas penggunaan gadget terhadap perkembangan personal sosial yang normal berjumlah 10 (37,0%) suspect berjumlah 17 (63,0%) dan perkembangan bahasa normal berjumlah 11 (40,7%), suspect 16 (59,3%). Hasil uji statistic antara intensitas penggunaan gadget terhadap perkembangan personal sosial dan bahasa diperoleh nilai signifikansi P adalah 0,206 dan 0,705 (p>0,05) menunjukkan bahwa intensitas penggunaan gadget memiliki tidak hubungan yang bermakna terhadap perkembangan personal sosial dan bahasa. Simpulan : Tidak ada hubungan yang signifikan antara usia anak terhadap perkembangan personal sosial dan bahasa pada anak usia prasekolah (3-6 tahun) di TK Kuncup Mekar, Desa Gogik, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Seamarang

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIDNEmail
Thesis advisorSusanti, Rininidn0621098002library@unw.ac.id
Keywords: intensitas penggunaan gadget, perkembangan personal sosial, perkembangan bahasa, Asraria Arsfandi, 152211008
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas UNW > S1 Kebidanan
Depositing User: UPT Perpustakaan UNW 4
Date Deposited: 24 Oct 2023 07:22
Last Modified: 24 Oct 2023 07:22
URI: http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/3340

Actions (login required)

View Item View Item