GAMBARAN STATUS GIZI PADA ANAK SEKOLAH DI SDN WUWUHARJO 2 KABUPATEN MAGELANG

Nafi’ Destanti, Hasna (2022) GAMBARAN STATUS GIZI PADA ANAK SEKOLAH DI SDN WUWUHARJO 2 KABUPATEN MAGELANG. S1 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.

[img] Text
BAB IV_Hasna Nafi' D_020118A065 - hasna destanti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[img] Text
ARTIKEL BUNGA FARCHATY_020118A012_KESMAS-1 - Bunga Farchaty.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB)
[img] Text
BAB III (1)_Hasna Nafi' D_020118A065 - hasna destanti.pdf

Download (142kB)
[img] Text
BAB I_Hasna Nafi' D_020118A065 - hasna destanti.pdf

Download (101kB)
[img] Text
BAB II_Hasna Nafi' D_020118A065 - hasna destanti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[img] Text
Abstrak_Hasna Nafi' D_020118A065 - hasna destanti.pdf

Download (162kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan Artikel_Hasna Nafi' D_020118A065 - hasna destanti.pdf

Download (235kB)
[img] Text
Cover_Hasna Nafi' D_020118A065 - hasna destanti.pdf

Download (54kB)
[img] Text
Lampiran Depan_Hasna Nafi' D_020118A065 - hasna destanti.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Daftar Pustaka_Hasna Nafi' D_020118A065 - hasna destanti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Text
BAB V_Hasna Nafi' D_020118A065 - hasna destanti.pdf

Download (71kB)
[img] Text
SKRIPSI_Hasna Nafi' D_020118A065 - hasna destanti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
Lampiran Belakang_Hasna Nafi' D_020118A065 - hasna destanti.pdf

Download (5MB)

Abstract

Latar Belakang: Status gizi adalah keadaan pada tubuh manusia yang diakibatkan dari mengkonsumsi makanan dan penggunaan zat gizi. Status gizi yang baik akan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak salah satunya dapat meningkatkan intelektualitas kemampuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran status gizi pada anak sekolah di SDN Wuwuharjo 2 Kabupaten Magelang. Metode: Penelitian ini bersifat deskriptif dengan metode survey dan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah anak sekolah dasar di SDN Wuwuharjo 2 Kabupaten Magelang tahun 2022 dengan jumlah 89 anak. Yang diambil dengan teknik purposive sampling. Instrument yang digunakan adalah lembar observasi. Analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis univariat. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan anak yang memiliki IMT/U dengan kategori gizi kurang 12,4%, gizi baik 64%, gizi lebih 11,2% dan obesitas 12,4%. Sebagian besar pada jenis kelamin perempuan dan laki-laki memiliki gizi baik yaitu 66,7% dan 61,7%, adapun masalah gizi kurang, gizi lebih maupun obesitas. Jumlah anak didalam keluarga dengan jumlah > 4 anak kategori gizi baik 100%, kemudian 3-4 anak pada kategori gizi kurang 5,3%, gizi baik 68,4%, gizi lebih 15,8% dan obesitas 10,5%. Sedangkan pada jumlah ≤ 2 anak di dalam keluarga terdapat gizi kurang 14,5%, gizi baik 62,3%, gizi lebih 10,1% dan obesitas 13%. Anak di sekolah dasar paling banyak dengan pendidikan ibu SD 71,7% dengan kategori gizi baik. Simpulan: Jenis kelamin laki-laki lebih besar dari perempuan. Pada status gizi kurang dan obesitas lebih tinggi laki-laki, kemudian gizi baik dan gizi lebih, lebih tinggi perempuan. Status gizi kurang dan obesitas lebih tinggi dengan jumlah anak ≤ 2 dibandingkan dengan jumlah 3-4 anak. Pendidikan ibu kategori gizi kurang dan gizi baik lebih tinggi pada ibu yang tidak sekolah, kemudian status gizi lebih dan obesitas paling banyak pada pendidikan ibu responden tamatan SMP/MTs. Pada pendidikan ayah kategori status gizi kurang lebih tinggi pada ayah yang tidak sekolah, kemudian status gizi lebih dan obesitas lebih banyak tamatan SMP/MTs. Kata Kunci : Status gizi, anak sekolah

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIDNEmail
Thesis advisorSiswanto, Yuliajinidn0610477602library@unw.ac.id
Keywords: Status gizi, anak sekolah
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas UNW > S1 Kesehatan Masyarakat
Depositing User: UPT Perpustakaan UNW 1
Date Deposited: 18 Nov 2023 09:11
Last Modified: 18 Nov 2023 11:04
URI: http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/2846

Actions (login required)

View Item View Item