Mardalena, Heni and Isfaizah, Isfaizah (2022) EFEKTIFITAS PROMOSI KESEHATAN DENGAN MEDIA VISUAL DAN AUDIOVISUAL TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN TENTANG PERENCANAAN KEHAMILAN PADA CALON PENGANTIN DI KUA ILIR BARAT I PALEMBANG TAHUN 2022. S1 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.
Text
ABSTRAK - Heni Mardalena.pdf Download (155kB) |
|
Text
BAB I_heni mardalena - Heni Mardalena.pdf Download (165kB) |
|
Text
BAB II_heni mardalena - Heni Mardalena.pdf Restricted to Registered users only Download (240kB) |
|
Text
BAB III_heni mardalena - Heni Mardalena.pdf Download (83kB) |
|
Text
BAB IV_heni mardalena - Heni Mardalena.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) |
|
Text
BAB V_heni mardalena - Heni Mardalena.pdf Download (75kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_heni mardalena - Heni Mardalena.pdf Restricted to Registered users only Download (86kB) |
|
Text
halaman judul_heni mardalena - Heni Mardalena.pdf Download (20kB) |
|
Text
lampiran belakang_heni mardalena - Heni Mardalena.pdf Download (1MB) |
|
Text
judul-daftar isi_heni mardalena - Heni Mardalena.pdf Download (653kB) |
|
Text
hal artikel - Heni Mardalena.pdf Download (196kB) |
|
Text
SKRIPSI Heni Mardalena - Heni Mardalena.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
SKRIPSI Heni Mardalena - Heni Mardalena.docx Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Latar Belakang : Kehamilan merupakan proses alamiah dan fisiologis yang harus di rencanakan. Perlunya dalam perencanaan kehamilan itu untuk mencegah kematian dan komplikasi penyakit pada ibu dan anak. Kehamilan yang sehat membutuhkan persiapan fisik dan mental, oleh karena itu perencanaan kehamilan harus dilakukan sebelum masa kehamilan. Tujuan : Menganalis perbedaan pengaruh promosi kesehatan dengan Media visual dan audiovisual Terhadap Peningkatan Pengetahuan Tentang Perencanaan Kehamilan Pada Calon Pengantin. Metode : desain eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan Two Group Pretest Posttest. Populasi penelitian adalah calon pengantin wanita berjumlah 30 responden. Sampel terdiri 15 responden kelompok media audiovisual dan 15 responden kelompok media visual. Teknik sampling total sampling. Analisa data menggunakan Mann Whitney. Hasil Penelitian : hasil didapatkan median kelompok media audiovisual pretest=11 dan posttest=16. Median kelompok media visual pretest=13 dan posttest=15. Adanya perbedaan pengetahuan calon pengantin tentang perencanaan kehamilan yang diberikan promosi kesehatan dengan media audiovisual dan visual, yang ditunjukan dengan hasil p-value (0,048) < α (0,05) Kesimpulan : promosi kesehatan menggunakan media audiovisual lebih efektif meningkatkan pengetahuan calon pengantin wanita dibandingkan dengan media visual. Kata Kunci: Promosi Kesehatan, media audiovisual, media visual, Pengetahuan, Perencanaan Kehamilan
Item Type: | Thesis (S1) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Keywords: | Heni Mardalena 152201095 Promosi Kesehatan, media audiovisual, media visual, Pengetahuan, Perencanaan Kehamilan | ||||||||
Subjects: | R Medicine > RG Gynecology and obstetrics | ||||||||
Divisions: | Fakultas UNW > S1 Kebidanan | ||||||||
User Id: | UPT Perpustakaan UNW 4 | ||||||||
Date Deposited: | 02 Dec 2022 02:14 | ||||||||
Last Modified: | 02 Dec 2022 02:14 | ||||||||
URI: | http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/2708 |
Actions (login required)
View Item |