TINGKAT KEPUASAN RESPONDEN TERHADAP SWAMEDIKASI DI APOTEK ENGGAL WARAS KECAMATAN BANDUNGAN

Nur Hidayah, Kavita (2024) TINGKAT KEPUASAN RESPONDEN TERHADAP SWAMEDIKASI DI APOTEK ENGGAL WARAS KECAMATAN BANDUNGAN. S1 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.

[img] Text
Artikel Penelitian - Kavita Nur Hidayah.docx
Restricted to Registered users only

Download (638kB)
[img] Text
Lembar pengesahan artikel - Kavita Nur Hidayah.pdf

Download (203kB)
[img] Text
Lampiran depan pdf - Kavita Nur Hidayah.pdf

Download (998kB)
[img] Text
ABSTRAK - Kavita Nur Hidayah.pdf

Download (159kB)
[img] Text
BAB I - Kavita Nur Hidayah.pdf

Download (108kB)
[img] Text
BAB III - Kavita Nur Hidayah.pdf

Download (196kB)
[img] Text
BAB V - Kavita Nur Hidayah.pdf

Download (86kB)
[img] Text
LAMPIRAN BELAKANG NEW - Kavita Nur Hidayah.pdf

Download (9MB)
[img] Text
Lembar Konsultasi - Kavita Nur Hidayah.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Skripsi Pdf - Kavita Nur Hidayah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)
[img] Text
Skripsi word - Kavita Nur Hidayah.docx

Download (21MB)

Abstract

Swamedikasi adalah upaya mengobati gejala penyakit ringan yang diderita, tanpa melakukan konsultasi kepada dokter. Swamedikasi dapat menghemat waktu dan biaya pengobatan, tetapi penggunaan obat harus tepat sesuai anjuran dari seorang apoteker. Tujuan penelitian ini adalah menganalisa tingkat kepuasan responden terhadap swamedikasi dan hubungan karakteristik respoden dengan tingkat kepuasan terhadap swamedikasi di apotek Enggal Waras Kecamatan Bandungan. Metode : Penelitian ini menggunakan metode penelitian secara kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Penelitian dilakukan di Apotek Enggal Waras Kecamatan Bandungan menggunakan sebanyak 100 responden yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi penelitian. Analisis data untuk mengetahui hubungan karakteristik responden terhadap tingkat kepuasan menggunakan uji chi-square yang diolah melalui aplikasi statistik SPSS. Hasil : Hasil uji validitas dan reliabilitas dari kuesioner diperoleh hasil yang valid dan reliabel. Tingkat kepuasan responden dilihat dari lima dimensi yaitu dimensi ketanggapan (69,52%) , dimensi kehandalan (71,3%), dimensi jaminan (79,76%), dimensi empati (87,3%) dan dimensi bukti nyata (79,8%). Pada hasil uji hubungan karakteristik responden dengan tingkat kepuasan didapatkan jenis kelamin (p=0,115>0,05), usia (0,237>0,05), pendidikan (0,822>0,05) dan pekerjaan (0,277>0,05). Kesimpulan : Hasil perhitungan rata – rata lima dimensi didapatkan persentase sebanyak 77,53% sehingga termasuk dalam kategori puas. Pada hasil hubungan karakteristik semua hasilnya >0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara karakteristik responden dengan tingkat kepuasan responden di apotek Enggal Waras Jimbaran Kecamatan Bandungan.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIDNEmail
Thesis advisorRetno Karminingtyas, Sikninidn0606068303library@unw.ac.id
Keywords: Tingkat Kepuasan, Swamedikasi, Apotek,Kavita Nur Hidayah 051201045
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas UNW > S1 Farmasi
User Id: UPT Perpustakaan UNW 2
Date Deposited: 19 Mar 2024 04:45
Last Modified: 19 Mar 2024 04:45
URI: http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/3997

Actions (login required)

View Item View Item