Anggraeni, Novi (2023) HUBUNGAN DUKUNGAN TEMAN SEBAYA DENGAN KONSEP DIRI REMAJA. S1 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.
Text
pengesahan artikel - Novi Anggraeni.pdf Download (66kB) |
|
Text
Abstrak Novi A - Novi Anggraeni.pdf Download (390kB) |
|
Text
Artikel Novi A - Novi Anggraeni.doc Restricted to Repository staff only Download (152kB) | Request a copy |
|
Text
lampiran depan Novi A 3 - Novi Anggraeni.pdf Download (843kB) |
|
Text
BAB I Novi A - Novi Anggraeni.pdf Download (311kB) |
|
Text
BAB V Novi A - Novi Anggraeni.pdf Download (288kB) |
|
Text
LEMBAR KONSUL Novi A - Novi Anggraeni.pdf Download (250kB) |
|
Text
BAB III Novi A - Novi Anggraeni.pdf Download (491kB) |
|
Text
SKRIPSI full Novi Anggraeni 3 - Novi Anggraeni.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
SKRIPSI full Novi Anggraeni - Novi Anggraeni.docx Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Latar Belakang : Konsep diri merupakan konsep dasar mengenai diri sendiri, termasuk pikiran dan opini pribadi, kesadaran akan siapa dirinya, dan bagaimana perbandingan dirinya dengan orang lain, serta idealisme yang telah dikembangkannya. Dukungan teman sebaya dapat meningkatkan konsep diri remaja dengan beberapa aspek seperti dukungan emosional, dukungan penghargaan, dukungan instrumental dan dukungan informatif. Tujuan : Mengetahui hubungan antara dukungan teman sebaya dengan konsep diri remaja SMK Negeri 1 Pringapus. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional . Populasi penelitian ini adalah 856 Siswa SMK Negeri 1 Pringapus. Sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 273 siswa dengan teknik pengambilan sampel proportional random sampling. Alat ukur penelitian ini menggunakan kuesioner yakni kuesioner dukungan teman sebaya dan kuesioner skala Tennessee Self Concept Scale (TSTCS). Uji analisis ini menggunakan uji Kendall tau. Hasil : Penelitian menunjukkan bahwa dukungan teman sebaya baik (61.95%) dan dukungan teman sebaya sedang (38.1%). sedangkan siswa yang memiliki konsep diri positif (89%), sedangkan yang memiliki konsep diri negatif (11%). Hasil uji Kendall tau diperoleh nilai p value 0,000 (α=0,05), dengan koefisien korelasi 0.424 menunjukan adanya korelasi yang positif dengan tingkat kekuatan hubungan yang cukup. Saran : Peserta didik diharapkan dapat mengenal dukungan yang mempengaruhi dirinya dengan baik dan membentuk konsep diri kearah yang positif sehingga akan membentuk kepribadian yang baik dimasa yang akan datang. Kata kunci : dukungan teman sebaya, konsep diri, remaja
Item Type: | Thesis (S1) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Keywords: | dukungan teman sebaya, konsep diri, remaja, Novi Anggraeni, 011191074 | ||||||||
Subjects: | R Medicine > RT Nursing | ||||||||
Divisions: | Fakultas > S1 Keperawatan | ||||||||
User Id: | UPT Perpustakaan UNW 3 | ||||||||
Date Deposited: | 24 Oct 2023 03:18 | ||||||||
Last Modified: | 24 Oct 2023 03:18 | ||||||||
URI: | http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/3333 |
Actions (login required)
View Item |