Aries Nurhanifah, Rizqy (2022) KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS KONTEKSTUAL MENGGUNAKAN QR CODE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS IV SD NEGERI TUNTANG 03. S1 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.
Text
14. ARTIKEL LEMBAR PENGESAHAN JURNAL_RIZQY ARIES N - Rizqy Aries Nurhanifah.pdf Download (211kB) |
|
Text
9. HALAMAN JUDUL_RIZQY ARIES N - Rizqy Aries Nurhanifah.pdf Download (11kB) |
|
Text
1. LAMPIRAN DEPAN_RIZQY ARIES N - Rizqy Aries Nurhanifah.pdf Download (410kB) |
|
Text
12. ABSTRAK_RIZQY ARIES N - Rizqy Aries Nurhanifah.pdf Download (107kB) |
|
Text
2. BAB I_RIZQY ARIES N - Rizqy Aries Nurhanifah.pdf Download (243kB) |
|
Text
3. BAB II_RIZQY ARIES N - Rizqy Aries Nurhanifah.pdf Restricted to Registered users only Download (363kB) |
|
Text
4. BAB III_RIZQY ARIES N - Rizqy Aries Nurhanifah.pdf Download (576kB) |
|
Text
5. BAB IV_RIZQY ARIES N - Rizqy Aries Nurhanifah.pdf Restricted to Registered users only Download (152kB) |
|
Text
6. BAB V_RIZQY ARIES N - Rizqy Aries Nurhanifah.pdf Download (9kB) |
|
Text
7. DAFTAR PUSTAKA_RIZQY ARIES N - Rizqy Aries Nurhanifah.pdf Restricted to Registered users only Download (214kB) |
|
Text
11. SKRIPSI PGSD_RIZQY ARIES N_130118A034 - Rizqy Aries Nurhanifah.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model problem based learning berbasis kontekstual menggunakan QR Code untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini seluruh 8 siswa SDN Tuntang 03, lalu sampel penelitiannya adalah kelas IV SDN Tuntang 03. Teknik analisis data dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji regresi, uji independent sample t test dan uji paired sample t test. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat perbedaan penggunaan model problem based learning berbasis kontekstual menggunakan QR Code pada kelas eksperimen dan model problem based learning berbasis kontekstual pada kelas kontrol untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, dibuktikan dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05 menggunakan uji independent sample t test (2) Terdapat pengaruh penggunaan model problem based learning berbasis kontkstual menggunakan QR Code untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, dibuktikan dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05 menggunakan uji regresi (3) Model pembelajaran problem based learning berbasis kontekstual menggunakan QR Code mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, dibuktikan dengan taraf signifikansi yaitu 0,000 < 0,05 menggunakan uji paired sample t test. Kesimpulan penelitian yaitu model problem based learning berbasis kontekstual menggunakan QR Code efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa.
Item Type: | Thesis (S1) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Keywords: | problem based learning, kontekstual, QR Code, pemecahan masalah,Rizqy Aries Nurhanifah 130118A034 | ||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas UNW > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||
User Id: | UPT Perpustakaan UNW 2 | ||||||||
Date Deposited: | 22 Jun 2022 02:14 | ||||||||
Last Modified: | 05 Nov 2023 06:33 | ||||||||
URI: | http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/2569 |
Actions (login required)
View Item |