EVALUASI PELAYANAN INFORMASI OBAT DI RUMAH SAKIT

Yuliana Mardani, Baiq and Yuswantina, Richa and Wahyudi, Andrey (2020) EVALUASI PELAYANAN INFORMASI OBAT DI RUMAH SAKIT. S1 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.

[img] Text
S1_050218A034_Halaman Judul - Baiqyuliana Mardani.pdf

Download (85kB)
[img] Text
S1_050218A034_Lampiran Depan - Baiqyuliana Mardani.pdf

Download (699kB)
[img] Text
S1_050218A034_Artikel - Baiqyuliana Mardani.docx
Restricted to Repository staff only

Download (180kB) | Request a copy
[img] Text
S1_050218A034_Artikel - Baiqyuliana Mardani.pdf

Download (225kB)
[img] Text
S1_050218A034_Lembar Pengesahan Persetujuan - Baiqyuliana Mardani.pdf

Download (182kB)
[img] Text
S1_050218A034_BAB I - Baiqyuliana Mardani.pdf

Download (46kB)
[img] Text
S1_050218A034_BAB II - Baiqyuliana Mardani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB) | Request a copy
[img] Text
S1_050218A034_BAB III - Baiqyuliana Mardani.pdf

Download (166kB)
[img] Text
S1_050218A034_BAB IV - Baiqyuliana Mardani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB) | Request a copy
[img] Text
S1_050218A034_BAB V - Baiqyuliana Mardani.pdf

Download (80kB)
[img] Text
S1_050218A034_Daftar Pustaka - Baiqyuliana Mardani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB) | Request a copy
[img] Text
S1_050218A034_Skripsi Lengkap - Baiqyuliana Mardani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text
S1_050218A034_Skripsi Lengkap - Baiqyuliana Mardani.docx
Restricted to Repository staff only

Download (14MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang: Pelayanan informasi obat yang tidak tepat dari pusat informasi obat dapat berkontribusi pada hasil pasien yang buruk dalam hal kesehatan karena penyediaan informasi obat yang bias dan terbatas. Untuk menjaga konsistensi dalam layanan yang disediakan dan untuk berfungsinya pusat layanan, penting untuk mengevaluasi kualitas pelayanan informasi obat di Rumah Sakit. Tujuan: Untuk mengetahui kualitas Pelayanan Informasi Obat (PIO) di Rumah Sakit yang dilakukan melalui analisis berbagai hasil penelitian terkait. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan Meta- analisis, yaitu melakukan analisis terhadap hasil-hasil penelitian yang sejenis. Hasil: Pelayanan informasi obat di rumah sakit dinilai “sangat baik” seperti pada artikel pertama 54,91%, ketiga 59,6% dan keempat 77,4%. Sedangkan pada artikel kedua dinilai “baik”. Pertanyaan yang paling sering ditanyakan pada artikel pertama tentang dosis dan administrasi 36,03%. Pada artikel kedua terkait dengan obat diikuti oleh penyakit 23%. Pada artikel ketiga 73 (35,0%) tentang informasi terbaru mengenai obat. Pada artikel keempat tentang reaksi obat yang merugikan (35,9%). Sedangkan pada artikel kelima terkait dengan pencarian dosis dan administrasi (22 kali). Mayoritas yang paling banyak mengajukan pertanyaan, pada artikel pertama, ketiga dan kelima, adalah Dokter. Pada artikel kedua dan keempat adalah perawat dan peserta magang. Kesimpulan: Kualitas pelayanan informasi obat secara umum tiga artikel dinilai ”sangat baik”. Pada artikel pertama dan kelima sebagian besar pertanyaan tentang dosis dan administrasi. Pada artikel kedua terkait dengan obat diikuti oleh penyakit. Pada artikel ketiga tentang informasi terbaru mengenai obat. Pada artikel keempat tentang reaksi obat yang merugikan. Mayoritas yang paling banyak mengajukan pertanyaan, tiga artikel diantaranya adalah Dokter. Kata kunci: PIO, Kualitas Pelayanan, Meta-analisis.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords: PIO, Kualitas Pelayanan, Meta-analisis.
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas UNW > S1 Farmasi
User Id: UPT Perpustakaan UNW 3
Date Deposited: 22 Sep 2020 01:46
Last Modified: 22 Sep 2020 01:46
URI: http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/868

Actions (login required)

View Item View Item