PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI BERBANTUAN CANVA FOR ATTRACTIVE STUDY (CAFAS) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA

Eriawan, Dendy (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI BERBANTUAN CANVA FOR ATTRACTIVE STUDY (CAFAS) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA. S1 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.

[img] Text
DENDY ERIAWAN_131201021_HALAMANJUDUL - Dendy Eriawan.pdf

Download (45kB)
[img] Text
DENDY ERIAWAN_131201021_LEMBARPENGESAHANARTIKEL - Dendy Eriawan.pdf

Download (77kB)
[img] Text
DENDY ERIAWAN_131201021_LAMPIRANDEPAN - Dendy Eriawan.pdf

Download (968kB)
[img] Text
dendy eriawan_131201021_abstrak - Dendy Eriawan.pdf

Download (13kB)
[img] Text
DENDY ERIAWAN_131201021_ARTIKELPDF - Dendy Eriawan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[img] Text
DENDY ERIAWAN_131201021_ARTIKELDOC - Dendy Eriawan.doc
Restricted to Registered users only

Download (146kB) | Request a copy
[img] Text
Dendy Eriawan_131201021_BAB_III - Dendy Eriawan.pdf

Download (532kB)
[img] Text
Dendy Eriawan_131201021_BAB_V - Dendy Eriawan.pdf

Download (8kB)
[img] Text
Dendy Eriawan_131201021_BAB_I - Dendy Eriawan.pdf

Download (168kB)
[img] Text
Dendy Erawan_131201021_Daftar Pustaka - Dendy Eriawan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB) | Request a copy
[img] Text
dendy eriawan_131201021_lembarkonsultasi - Dendy Eriawan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Dendy Eriawan_131201021_Lampiran - Dendy Eriawan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
DENDY ERIAWAN_131201021_FULLTEXT - Dendy Eriawan.docx
Restricted to Registered users only

Download (32MB) | Request a copy
[img] Text
DENDY ERIAWAN_131201021_FULLTEXT - Dendy Eriawan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan siswa untuk memahami konsep sehingga mereka dapat menerapkan pengetahuan dan pemahaman mereka tentang matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, dan Intellectual) berbantuan Canva for Attractive Study (CAFAS) terhadap pemahaman konsep siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II A dan II B SDN Bandungan 01. Jenis data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dan metode quasi-experimental design dengan bentuk purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Tes (Pre Test dan Post Test) dan Non Test (Observasi, Angket, dan Dokumentasi). Teknik analisis data pada penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis yang berupa uji Independent Sample T-Test dan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan pemahaman konsep siswa siswa dengan penggunaan model pembelajaran SAVI berbantuan media CAFAS. Perihal ini dibuktikan dengan hasil Uji Independent Sample T-Test dengan taraf nilai signifikansi kurang dari 0, 05 yaitu 0,000 < 0, 05. Sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol, yang dimana nilai rata-rata untuk kelas eksperimen 91,11 lebih besar daripada rata-rata kelas kelas kontrol 82,75. (2) Terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran SAVI berbantuan media CAFAS terhadap pemahaman konsep siswa. Perihal ini dibuktikan dengan hasil Uji Regresi Linier Sederhana dengan nilai signifikansi kurang dari 0,05 yaitu 0,008 < 0,05. Simpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, dan Intellectual) berbantuan media CAFAS efektif dalam pengaruh kemampuan pemahaman konsep siswa. Kata Kunci: SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual), Pemahaman Konsep, CAFAS.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIDNEmail
Thesis advisorVirdinarti Putra, LisaNIDN0606088901library@unw.ac.id
Keywords: SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual), Pemahaman Konsep, CAFAS, Dendy Eriawan, 131201021
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas UNW > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
User Id: UPT Perpustakaan UNW 3
Date Deposited: 04 Jun 2025 02:06
Last Modified: 04 Jun 2025 02:06
URI: http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/5039

Actions (login required)

View Item View Item