YULIANA, NANDA (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Berbantuan Media Video Interaktif Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.
![]() |
Text
NANDA YULIANA_134191028_ABSTRAK - Nanda Yuliana.pdf Download (69kB) |
![]() |
Text
NANDA YULIANA_134191028_LAMPIRAN DEPAN - Nanda Yuliana.pdf Download (492kB) |
![]() |
Text
NANDA YULIANA_134191028_PENGESAHAN ARTIKEL - Nanda Yuliana.pdf Download (195kB) |
![]() |
Text
NANDA YULIANA_134191028_HALAMAN JUDUL - Nanda Yuliana.pdf Download (67kB) |
![]() |
Text
NANDA YULIANA_134191028_ARTIKEL - Nanda Yuliana.docx Restricted to Registered users only Download (44kB) | Request a copy |
![]() |
Text
NANDA YULIANA_134191028_ARTIKEL - Nanda Yuliana.pdf Restricted to Registered users only Download (237kB) | Request a copy |
![]() |
Text
NANDA YULIANA_134191028_BAB V - Nanda Yuliana.pdf Download (32kB) |
![]() |
Text
NANDA YULIANA_134191028_BAB III - Nanda Yuliana.pdf Download (344kB) |
![]() |
Text
NANDA YULIANA_134191028_BAB I - Nanda Yuliana.pdf Download (181kB) |
![]() |
Text
NANDA YULIANA_134191028_DAFTAR PUSTAKA - Nanda Yuliana.pdf Restricted to Registered users only Download (154kB) | Request a copy |
![]() |
Text
NANDA YULIANA_134191028_LEMBAR KONSULTASI - Nanda Yuliana.pdf Download (583kB) |
![]() |
Text
NANDA YULIANA_134191028_LAMPIRAN BELAKANG - Nanda Yuliana.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
![]() |
Text
NANDA YULIANA_134191028_FULL TEXT - Nanda Yuliana.docx Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
![]() |
Text
NANDA YULIANA_134191028_FULL TEXT - Nanda Yuliana.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Pemahaman konsep siswa merupakan salah satu aspek yang dibutuhkan siswa dalam pembelajaran. Jika siswa kurang memahami suatu konsep yang diberikan siswa akan cenderung mengalami kesulitan dalam menggunakan dan memilih prosedur tertentu. Seperti hasil dari studi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti di SDN Brongkol 01 dan 04, rendahnya nilai tes pemahaman konsep pada siswa menjadikan dorongan penliti untuk melakukan penelitian lebih lanjut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Talk Write berbantuan Media Video Interaktif terhadap pemahaman konsep siswa kelas 3 SD. Metode yang digunakan yaitu Quasi Experimental Design dengan Pre-test Post-test Design. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa SDN Brongkol 01 dan SDN Brongkol 04. Sampel penelitian adalah siswa kelas 3 SDN Brongkol 01 dan SDN Brongkol 03. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes (pre test dan post test) dan non tes (observasi, angket, wawancara tidak terstruktur, dan dokumentasi). Teknik analisis data yang digunakan adalah Independent Sample T-Test dan Regresi Linear Sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen dalam hal pemahaman konsep siswa (ditunjukkan dengan Independent Sample T-Test, pada taraf signifikansi 0,005 < 0,05); dan (2) penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write berbantuan Media Video Interaktif berpengaruh positif pada pemahaman konsep siswa (ditunjukkan dengan Uji Regresi Linier Sederhana, pada taraf signifikansi 0,002 < 0,05. Dari hasil penelitian ini terdapat pengaruh positif terhadap pemahaman konsep siswa kelas 3 SD. Kata Kunci : Pemahaman Konsep, Media Video Interaktif, Think Talk Write
Item Type: | Thesis (S1) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Keywords: | Pemahaman Konsep, Media Video Interaktif, Think Talk Write, NANDA YULIANA, 134191028 | ||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas UNW > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||
User Id: | UPT Perpustakaan UNW 3 | ||||||||
Date Deposited: | 03 Jun 2025 07:46 | ||||||||
Last Modified: | 03 Jun 2025 07:46 | ||||||||
URI: | http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/5014 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |