Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Flashcard Terhadap Minat Belajar Dan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas IV SD N Pringapus 02

SARI, DIEYAN (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Flashcard Terhadap Minat Belajar Dan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas IV SD N Pringapus 02. S1 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.

[img] Text
inbound7572621948442210566 - Dieyan Sari.pdf

Download (155kB)
[img] Text
inbound1366480248780241177 - Dieyan Sari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (738kB) | Request a copy
[img] Text
inbound1010119848439485606 - Dieyan Sari.docx
Restricted to Registered users only

Download (40kB) | Request a copy
[img] Text
inbound8351060946770868612haljudul - Dieyan Sari.pdf

Download (182kB)
[img] Text
inbound7889366720694719343lampdepan - Dieyan Sari.pdf

Download (981kB)
[img] Text
inbound2035383026950179946babv - Dieyan Sari.pdf

Download (163kB)
[img] Text
inbound8633429485837484196bab3 - Dieyan Sari.pdf

Download (761kB)
[img] Text
inbound8358755146979650325bab1 - Dieyan Sari.pdf

Download (386kB)
[img] Text
inbound2383987318590866063dapus - Dieyan Sari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[img] Text
inbound1349419991731484638lampblkg - Dieyan Sari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text
inbound564071963700431387konsul - Dieyan Sari.pdf

Download (449kB)
[img] Text
inbound4987354383737836697 - Dieyan Sari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy
[img] Text
inbound5742142068022156760 - Dieyan Sari.docx
Restricted to Registered users only

Download (21MB) | Request a copy

Abstract

Kurangnya minat belajar dan pemahaman konsep siswa, yaitu pada minat belajar siswa SDN Pringaous 02 sebesar 56% sedangkan pada siswa SDN Pringapus 01 sebesar 65%. Kemudian pada pemahaman konsep siswa SDN Pringapus 02 sebesar 49% sedangkan pada siswa SDN Pringapus 01 sebesar 65%. Guru juga belum menggunakan model pembelajaran berbantuan media/permainan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan media flashcard terhadap minat belajar dan pemahaman konsep IPA siswa kelas IV SDN Pringapus 02 dan SDN Pringapus 01. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen. Teknik analisis data adalah uji normalitas, uji homogenitas, serta uji hipotesis yang berupa uji regresi linier sederhana, uji independent sample t- test. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Pringapus 02 yang dipilih dengan metode purpossive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan teknik non tes (observasi, angket, dan dokumentasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh menggunakan model problem based learning berbantuan flashcard terhadap minat belajar siswa, dibuktikan dengan nilai sig kelas ekperimen maupun kelas kontrol sebesar 0,000<0,005. (2) Terdapat perbedaan minat belajar menggunakan model problem based learning berbantuan media flashcard, dibuktikan dengan nilai sig kelas eksperimen dan kontrol sebesar 0,001<0,05. (3) Terdapat pengaruh model problem based learning berbantuan media flashcard terhadap pemahaman konsep siswa, dibuktikan dengan dengan nilai sig 0,002<0,005. (4) Terdapat perbedaan model problem based learning berbantuan media flashcard terhadap pemahaman konsep siswa, dibuktikan dengan nilai sig sebesar 0,000<0,005 bahwa terdapat pengaruh nyata antara hasil pre test dan post test. Kata Kunci : Problem Based Learning, Flashcard, Minat Belajar dan Pemahaman Konsep.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIDNEmail
Thesis advisorSuryani, Elanidn0616039201library@unw.ac.id
Keywords: Problem Based Learning, Flashcard, Minat Belajar dan Pemahaman Konsep, DIEYAN SARI, 130418A022
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas UNW > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
User Id: UPT Perpustakaan UNW 3
Date Deposited: 03 Jun 2025 07:18
Last Modified: 03 Jun 2025 07:18
URI: http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/5006

Actions (login required)

View Item View Item