Yuniarsih, Putri (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Berbantuan Video Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas 2 MI GEDANGANAK. S1 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.
Text
ARTIKEL_PUTRI YUNIARSIH - Putri Y.docx Restricted to Registered users only Download (38kB) | Request a copy |
|
Text
Artikel_Putri Yuniarsih - Putri Y.pdf Restricted to Registered users only Download (166kB) | Request a copy |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN - Putri Y.pdf Download (138kB) |
|
Text
HALAMAN JUDUL PUTRIY - Putri Y.pdf Download (23kB) |
|
Text
Lampiran Depan_PUTRIY - Putri Y.pdf Download (217kB) |
|
Text
ABSTRACT_PUTRI YUNIARSIH - Putri Y.pdf Download (14kB) |
|
Text
BAB I_PUTRI YUNIARSIH - Putri Y.pdf Download (152kB) |
|
Text
BAB II_PUTRI YUNIARSIH - Putri Y.pdf Restricted to Registered users only Download (307kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III_PUTTRI YUNIARSIH - Putri Y.pdf Download (240kB) |
|
Text
BAB IV_PUTRI YUNIARSIH - Putri Y.pdf Restricted to Registered users only Download (200kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V_PUTRI YUNIARSIH - Putri Y.pdf Download (35kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_PUTRI YUNIARSIH - Putri Y.pdf Restricted to Registered users only Download (172kB) | Request a copy |
|
Text
Lembar Konsultasi - Putri Y.pdf Download (4MB) |
|
Text
Lampiran Belakang_PUTRI YUNIARSIH - Putri Y.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
TA_PUTRI YUNIARSIH - Putri Y.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
TA_PUTRI YUNIARSIH - Putri Y.docx Restricted to Registered users only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Pada dasarnya Pendidikan merupakan proses individu dalam mengembangkan potensi diri dan menghadapi perubahan yang terjadi. Banyak tantangan dalam perkembangan sosial yang sedang berlangsung mengenai kualitas pendidikan di negeri ini. Pembelajaran yang pada dasarnya yang bertujuan untuk mengarahkan anak dalam mencapai tujuan pembelajaran sesuai rencana. Dari pendekatan tersebut akan terdapat perbedaan atau kesenjangan antara anak pintar dan anak kurang pintar dalam mencapai tujuan pembelajaran. Kondisi ini menyulitkan tercapainya memenuhi Tujuan Pembelajaran. Strategi pembelajaran yang dapat dijadikan contoh adalah Strategi Pembelajaran Aktif. Rendahnya kemampuan siswa dalam memahami konsep tentu saja berkaitan dengan proses pelaksanaan pembelajaran. Pemikiran siswa juga menjadi kurang baik karena siswa kurang dilibatkan secara maksimal dalam proses pembelajaran. Kurangnya pembelajaran dalam kelompok juga mendorong individualisme siswa, sehingga siswa tidak dapat bekerja sama dalam tim atau kelompok. Dengan demikian tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep siswa setelah menggunakan model pembelajaran Mind Mapping berbantuan video pada siswa Kelas II MI Gedanganak. (2) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran mind map berbantuan video terhadap pemahaman konsep siswa kelas II MI Gedanganak. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dan menggunakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dimana Uji Hipotesis I dilakukan dengan menggunakan Independent Sample TTest. Model pembelajaran yang digunakan peneliti adalah Mind Mapping dengan media video, dan sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas 2 MI Gedanganak. Di akhir kegiatan pembelajaran, peneliti memberikan post-test untuk mengetahui perbedaan antara kelas eksperimen yang menggunakan Model Pembelajaran Mind Mapping berbantuan Video dengan kelas kontrol yang hanya menggunakan Model Pembelajaran Mind Mapping. Berikut hasil post-test yang membandingkan rata-rata kedua kelas yang nantinya akan diuji dengan menggunakan Independent Sample T-Test. Kata Kunci: Model Pembelajaran Mind Mapping, Berbantuan Media Video, Pemahaman Konsep.
Item Type: | Thesis (S1) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Keywords: | Model Pembelajaran Mind Mapping, Berbantuan Media Video, Pemahaman Konsep, Putri Yuniarsih 131201033 | ||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas UNW > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||
User Id: | UPT Perpustakaan 6 | ||||||||
Date Deposited: | 12 Nov 2024 07:01 | ||||||||
Last Modified: | 12 Nov 2024 07:01 | ||||||||
URI: | http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/4782 |
Actions (login required)
View Item |