Hubungan Mutu Pelayanan Bidan Terhadap Kepuasan Pasien Di Ruang Bersalin Rumah Sakit Ken Saras Ungaran

Ardhiani, Wiwik (2024) Hubungan Mutu Pelayanan Bidan Terhadap Kepuasan Pasien Di Ruang Bersalin Rumah Sakit Ken Saras Ungaran. S1 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.

[img] Text
ARTIKEL - Wiwik Ardhiani.docx
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
ABSTRAK - Wiwik Ardhiani.pdf

Download (84kB)
[img] Text
BAB I - Wiwik Ardhiani.pdf

Download (122kB)
[img] Text
BAB II - Wiwik Ardhiani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III - Wiwik Ardhiani.pdf

Download (42kB)
[img] Text
BAB IV - Wiwik Ardhiani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V - Wiwik Ardhiani.pdf

Download (64kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA - Wiwik Ardhiani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN DEPAN - Wiwik Ardhiani.pdf

Download (251kB)
[img] Text
LEMBAR KONSUL FIX - Wiwik Ardhiani.pdf

Download (734kB)
[img] Text
UJIAN SKRIPSI revisi - Wiwik Ardhiani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (892kB) | Request a copy
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN Artikel - Wiwik Ardhiani.pdf

Download (50kB)
[img] Text
LAMPIRAN BELAKANG - Wiwik Ardhiani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB) | Request a copy
[img] Text
UJIAN SKRIPSI revisi - Wiwik Ardhiani.doc
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang : Menjaga mutu pelayanan sangat penting dilakukan agar kepuasan pasien dapat tercapai dan pada tingkatan selanjutnya loyal terhadap rumah sakit, mengingat persaingan rumah sakit semakin kompetitif terutama untuk rumah sakit swasta yang sumber pendapatan utamanya adalah dari pasien. Kepuasan pasien sendiri menjadi indikator penting yang sering digunakan untuk menentukan kualitas layanan kesehatan. Pasien yang tidak puas tidak akan mencari layanan itu, walaupun layanan tersebut tersedia dan mudah didapatkan serta mudah dijangkau. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan bidan terhadap kepuasan pasien di ruang bersalin Rumah Sakit Ken Saras Ungaran. Metode Penelitian : Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode penelitian survei dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu semua pasien yang dirawat di ruang bersalin Rumah Sakit Ken Saras Ungaran pada di bulan Juli 2024. Metode sampling menggunakan metode accidental sampling dan diperoleh sampel 63 pasien. Data primer diperoleh dengan melakukan penyebaran Kuessioner yang di adop dari penelitian terdahulu yang sudah teruji validitas dan reliabilitasnya. Analisa bivariat dilakukan menggunakan uji chi-square yang di olah dengan program pengolahan data SPSS. Hasil : Sebagian besar responden yang berpendapat bahwa mutu pelayanan kebidanan di ruang bersalin RS Ken Saras “Baik” sebanyak 47 orang (74,6%). Responden yang merasa puas dengan pelayanan di ruang bersalin RS Ken Saras sebanyak 37 orang (58,7%). Terdapat hubungan antara mutu pelayanan bidan terhadap kepuasan pasien di ruang bersalin Rumah Sakit Ken Saras Ungaran (p value 0,002 ). Simpulan : Ada hubungan antara mutu pelayanan bidan terhadap kepuasan pasien di ruang bersalin Rumah Sakit Ken Saras Ungaran. Diharapkan kepada pihak Rumah Sakit untuk terus melanjutkan pemberian mutu pelayanan bidan yang berkualitas kepada pasien dan mengadakan evaluasi berkala terhadap pelayanan yang diberikan.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIDNEmail
Thesis advisorSofiyanti, Idanidn0602018501library@unw.ac.id
Additional Information: Mutu Pelayanan Bidan, Kepuasan Pasien, Ruang Bersalin, Wiwik Ardhiani, 152231017
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas UNW > S1 Kebidanan
User Id: UPT Perpustakaan 5
Date Deposited: 31 Oct 2024 08:51
Last Modified: 31 Oct 2024 08:51
URI: http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/4712

Actions (login required)

View Item View Item