Umami, Ulfa (2024) Kefektifan Model Problem Solving Berbantuan Media Crossword Puzzle Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Pada Pembelajaran Materi Gaya Kelas Iv Sd Negeri Bandungan 01. S1 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.
Text
abstrak ulfa - Ulfa Umami.pdf Download (92kB) |
|
Text
artikel ulfa - Ulfa Umami.pdf Restricted to Registered users only Download (805kB) | Request a copy |
|
Text
artikel ulfa - Ulfa Umami.docx Restricted to Registered users only Download (360kB) | Request a copy |
|
Text
halaman judul - Ulfa Umami.pdf Download (98kB) |
|
Text
lampiran depan - Ulfa Umami.pdf Download (469kB) |
|
Text
Bab 1 nika - nikaayu 2405.pdf Download (56kB) |
|
Text
BAB II - Ulfa Umami.pdf Restricted to Registered users only Download (364kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III - Ulfa Umami.pdf Download (390kB) |
|
Text
BAB IV - Ulfa Umami.pdf Restricted to Registered users only Download (173kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V - Ulfa Umami.pdf Download (90kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA - Ulfa Umami.pdf Restricted to Registered users only Download (21kB) | Request a copy |
|
Text
LAMPIRAN - Ulfa Umami.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
|
Text
bimbingan skripsi - Ulfa Umami.pdf Download (2MB) |
|
Text
pengesahan artikel (2) - Ulfa Umami.pdf Download (33kB) |
|
Text
SKRIPSI_134191024_ULFAUMAMI - Ulfa Umami.docx Restricted to Registered users only Download (9MB) | Request a copy |
|
Text
SKRIPSI_134191024_ULFAUMAMI - Ulfa Umami.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penggunaan model Problem Solving berbantuan media Crossword Puzzle terhadap pemahaman konsep siswa kelas IV SD Negeri Bandungan 01. Metodologi yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian nonequivalent control group design dengan pre-test dan post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri Bandungan 01 dan siswa kelas IV A dan IV B sebagai sample. Teknik pengambilan data dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode tes dan non-tes termasuk observasi, dokumentasi dan angket dalam pengumpulan informasi. Uji independent sample T-test, uji regresi linier sederhana dan uji paired sample T-test digunakan untuk menganalisis data. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen dalam pemahaman konsep siswa dengan hasil uji independent sample T-test pada taraf signifikansi 0,017 < 0,05, (2) terdapat pengaruh model Problem Solving berbantuan media Crossword Puzzle terhadap pemahaman konsep siswa dengan uji regresi linier sederhana dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,005, dan (3) terdapat peningkatan pemahaman konsep siswa dengan menerapkan model Problem Solving berbantuan media Crossword Puzzle dengan hasil uji paired sample T-test dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Mengetahui terdapat perbedaan yang signifikan dalam kualitas pembelajaran antara penggunaan model Problem Solving berbantuan media Crossword Puzzle dengan model Problem Solving terhadap pemahaman konsep siswa, mengetahui pengaruh model problem solving berbantuan media Crossword Puzzle memberikan kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa, terdapat perbedaan yang nyata antara hasil pre-test dan post-test kelas eksperimen menunjukkan mean 47,71 dan 77,80 dengan nilai rata-rata 62,75, dengan menggunakan model problem solving berbantuan media Crosswod Puzzle terbukti meningkatkan pemahaman konsep siswa
Item Type: | Thesis (S1) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Keywords: | Problem Solving, crossword puzzle, dan pemahaman konsep, Ulfa Umami, 134191024 | ||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas UNW > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||
User Id: | UPT Perpustakaan 5 | ||||||||
Date Deposited: | 18 Oct 2024 01:22 | ||||||||
Last Modified: | 18 Oct 2024 04:44 | ||||||||
URI: | http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/4333 |
Actions (login required)
View Item |