PERBEDAAN PENGETAHUAN MENSTRUAL HYGIENE SEBELUM DAN SESUDAH DIBERIKAN EDUKASI DENGAN VIDEO ANIMASI PADA ANAK RETARDASI MENTAL

Damayanti, Elvi (2024) PERBEDAAN PENGETAHUAN MENSTRUAL HYGIENE SEBELUM DAN SESUDAH DIBERIKAN EDUKASI DENGAN VIDEO ANIMASI PADA ANAK RETARDASI MENTAL. S1 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.

[img] Text
ABSTRAK - Elmay Dumay.pdf

Download (377kB)
[img] Text
Lembar Depan - Elmay Dumay.pdf

Download (616kB)
[img] Text
Lembar Persetujuan Artikel - Elmay Dumay.pdf

Download (118kB)
[img] Text
ARTIKEL ELVI - Elmay Dumay.docx
Restricted to Registered users only

Download (29kB) | Request a copy
[img] Text
BAB I - Elmay Dumay.pdf

Download (206kB)
[img] Text
BAB III - Elmay Dumay.pdf

Download (478kB)
[img] Text
BAB V - Elmay Dumay.pdf

Download (184kB)
[img] Text
LAMPIRAN BELAKANG - Elmay Dumay.pdf
Restricted to Registered users only

Download (949kB) | Request a copy
[img] Text
ELVI_SKRIPSI_FIKS - Elmay Dumay.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
ELVI_SKRIPSI_FIKS - Elmay Dumay.docx
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang : Praktik kebersihan diri saat menstruasi sangat diperlukan bagi setiap perempuan terlebih bagi perempuan yang mengalami retardasi mental. Pengetahuan tentang menstrual hygiene pada remaja disabilitas sama pentingnya untuk diketahui, bukan hanya pada remaja normal. Akan tetapi pada kenyataannya pengetahuan remaja disabilitas tentang menstrual hygiene masih kurang. Sehingga pentingnya pemberian ilmu pengetahuan tentang menstrual hygiene pada anak dengan retardasi mental tidak lain untuk menghindari hal-hal pada buruk terjadi pada kesehatan reproduksi di masa mendatang. Tujuan : Untuk mengetahui perbedaan pengetahuan menstrual hygiene sebelum dan sesudah diberikan edukasi dengan video animasi pada anak retardasi mental Metode : Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasy experimental design dengan pendekatan one group pre test – post test design. Populasi yang digunakan adalah siswa putri kelas VII SMPLB – XII SMALB dengan kategori C di SLB Negeri Ungaran. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode total sampling dengan jumlah sampel 22 responden. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner personal hygiene saat menstruasi yang dimodifikasi dari penelitian Nugraheni, 2019. Hasil : Hasil penelitian rata-rata sebelum diberi edukasi didapatkan hasil 47,54. Setelah diberi edukasi didapatkan rata-rata sebesar 55,14. Setelah di uji dengan uji Paired T-Test dengan nilai p-value = 0,000 < ∝ = 0,05. Kesimpulan : Terdapat perbedaan pengetahuan menstrual hygiene beleum dan sesudah diberikan edukasi dengan video animasi pada anak retardasi mental. Saran : Diharapkan video animasi dapat digunakan sebagai media untuk menggalakkan edukasi menstrual hygiene pada anak retardasi mental. Kata Kunci : Retardasi Mental, Menstrual Hygiene, Video Animasi Daftar Pustaka : 2016 - 2023

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIDNEmail
Thesis advisorDevi Oktarina, NataliaNIDN0624128601library@unw.ac.id
Keywords: Retardasi Mental, Menstrual Hygiene, Video Animasi, Elvi Damayanti, 011201028
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas > S1 Keperawatan
User Id: UPT Perpustakaan UNW 3
Date Deposited: 13 Mar 2024 03:42
Last Modified: 13 Mar 2024 03:54
URI: http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/3826

Actions (login required)

View Item View Item