PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERBANTUAN MEDIA MIND MAPPING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP ENERGI PADA SISWA KELAS IV SDN 2 SUKOREJO

Janah, Sifaul (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERBANTUAN MEDIA MIND MAPPING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP ENERGI PADA SISWA KELAS IV SDN 2 SUKOREJO. S1 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.

[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN artikel sifaul (1) - Sifaul Janah.pdf

Download (193kB)
[img] Text
SIFAUL JANAH_COVER - Sifaul Janah.pdf

Download (177kB)
[img] Text
lampiran depan - Sifaul Janah.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak - Sifaul Janah.pdf

Download (204kB)
[img] Text
bab 1 - Sifaul Janah.pdf

Download (320kB)
[img] Text
bab 2 - Sifaul Janah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB)
[img] Text
BAB 3 - Sifaul Janah.pdf

Download (490kB)
[img] Text
BAB 4 - Sifaul Janah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB)
[img] Text
BAB 5 - Sifaul Janah.pdf

Download (202kB)
[img] Text
Daftar pustaka - Sifaul Janah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB)
[img] Text
skripsi_sifaul janah_pgsd - Sifaul Janah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem solving berbantuan mind mapping terhadap pemahaman konsep energi pada siswa kelas IV SDN 2 Sukorejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, metode eksperimen dengan desain Non-Equivalent Control Group Design. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata kemampuan pemahaman konsep siswa antara kelas kontrol dan kelas eksperimen yang mana dilihat dari nilai t hitung > t tabel = 2,440 > 2,009 dengan nilai sig. (2-tailed) yaitu 0,018 yang mana nilai ini < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Terdapat pengaruh model pembelajaran problem solving berbantuan mind mapping terhadap pemahaman konsep siswa, dilihat dari F hitung = 6.099 dengan tingkat signifikasi sebesar 0.021 < 0.05 , hasil uji regresi nilai R 2 = 0,212 = 21,2%, maka model regresi ini dapat mempengaruhi variable partisipasi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara model pembelajaran problem solving berbantuan mind mapping terhadap pemahaman konsep energi pada siswa kelas IV SDN 2 Sukorejo.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIDNEmail
Thesis advisorSuryani, Elanidn0616039201library@unw.ac.id
Keywords: Model Pembelajaran Problem Solving, Media Mind Mapping, Pemahaman Konsep,Sifaul Janah 130118A024
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas UNW > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UNW 2
Date Deposited: 22 Jun 2022 01:55
Last Modified: 05 Nov 2023 06:32
URI: http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/2568

Actions (login required)

View Item View Item