KEEFEKTIFAN MEDIA FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIJAIYAH PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN

Maftukhah, Maftukhah and Prahesti, Swantyka Ilham (2022) KEEFEKTIFAN MEDIA FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIJAIYAH PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN. S1 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.

[img] Text
S1_120117B008_PENGESAHAN ARTIKEL - Microteiching Pg Paud UNW Maftu123.pdf

Download (112kB)
[img] Text
S1_120117B008_HALAMAN JUDUL - Microteiching Pg Paud UNW Maftu123.pdf

Download (166kB)
[img] Text
S1_120117B008_LAMPIRAN DEPAN - Microteiching Pg Paud UNW Maftu123.pdf

Download (641kB)
[img] Text
S1_120117B008_ABSTRAK - Microteiching Pg Paud UNW Maftu123.pdf

Download (204kB)
[img] Text
S1_120117B008_BAB I - Microteiching Pg Paud UNW Maftu123.pdf

Download (167kB)
[img] Text
S1_120117B008_BAB II - Microteiching Pg Paud UNW Maftu123.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB)
[img] Text
S1_120117B008_BAB III - Microteiching Pg Paud UNW Maftu123.pdf

Download (226kB)
[img] Text
S1_120117B008_BAB IV - Microteiching Pg Paud UNW Maftu123.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB)
[img] Text
S1_120117B008_BAB V - Microteiching Pg Paud UNW Maftu123.pdf

Download (87kB)
[img] Text
S1_120117B008_DAFTAR PUSTAKA - Microteiching Pg Paud UNW Maftu123.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[img] Text
S1_120117B008_SKRIPSI - Microteiching Pg Paud UNW Maftu123.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah: belum optimalnya kemampuan membaca huruf hijaiyah pada anak usia 3-4 tahun PAUD Al Falah Bulu Dsa Kalongan Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang. Hal ini terlihat ketika anak diminta membaca danak hanya terdiam. Oleh karena itu diperlukan solusi dengan menggunakan media flash card. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Menganalisis kemampuan membaca huruf hijaiyah pada anak sebelum penerapan Media Flashcard. 2) Meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah pada anak usia 3-4 tahun. 3) Menganalisis kemampuan membaca huruf hijaiyah pada anak setelah menggunakan Media Flashcard. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah: metode penelitian kuantitatif. Desain yang gunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Ekperimental (eksperimen semu) yaitu jenis desain yang mempunyai kelompok kontrol tapi tidak sepenuhnya.media yang digunakan dengan media flashcard. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 anak yang kemudian dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen masing-masing berjumalah 15 anak. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: 1) Kemampuan membaca huruf hijaiyah anak usia 3-4 tahun sebelum menggunakan media flashcard di PAUD Al Falah Kalongan Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang termasuk pada kategori cukup. 2) Kemampuan membaca huruf hijaiyah anak usia 3-4 tahun setelah menggunakan media flashcard di PAUD Al Falah Kalongan Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang termasuk pada kategori baik. 3) Media flashcard dapat meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah anak usia 3-4 tahun di PAUD Al Falah Kalongan Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang, berdasarkan uji paired samples test diperoleh nilai Sig. (2- tailed) sebesar 0.000 < 0.05, atau t-hitung 14,431 > t-tabel 2,14479. Berdasarkan hasil paired samples statistic diketahui nilai mean posttest kelas eksperimen sebesar 34,87 sedangkan nilai mean posttest kelas kontrol sebesar 25,67. Sehingga kemampuan membaca huruf hijaiyah anak kelas eksperimen dengan menggunakan media flashcard lebih baik dari kelas kontrol. Saran dari hasil penelitian ini yang terkait dengan pelaksanaan pembelajaran, antara lain; guru hendaknya menggunakan berbagai model serta media pembelajaran yang menarik perhatian anak, serta lembaga pendidikan 9 hendaknya lebih memperhatikan kelengkapan sarana dan prasarana dalam proses pembelajarannya bisa lebih berjalan efektif serta aktif

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIDNEmail
UNSPECIFIEDPrahesti, Swantyka IlhamUNSPECIFIEDNIDN0605069101
Keywords: media flashcard kemampuan membaca, huruf hijaiyah,Maftukhah 120117B008.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas UNW > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: UPT Perpustakaan UNW 2
Date Deposited: 21 Jun 2022 06:39
Last Modified: 21 Jun 2022 06:39
URI: http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/2564

Actions (login required)

View Item View Item