TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DAN RAWAT INAP TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT

SETYOWATI, DIAH AYU and Karminingtyas, Sikni Retno and Sunnah, Istianatus (2020) TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DAN RAWAT INAP TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT. S1 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.

[img] Text
Lembar pengesahan - Diah ayu setyowati.pdf

Download (100kB)
[img] Text
Cover - Diah ayu setyowati.pdf

Download (54kB)
[img] Text
Lampiran Depan - Diah ayu setyowati.pdf

Download (629kB)
[img] Text
Abstrak - Diah ayu setyowati.pdf

Download (32kB)
[img] Text
BAB I - Diah ayu setyowati.pdf

Download (94kB)
[img] Text
BAB II - Diah ayu setyowati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] Text
BAB III - Diah ayu setyowati.pdf

Download (278kB)
[img] Text
BAB IV - Diah ayu setyowati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] Text
BAB V - Diah ayu setyowati.pdf

Download (27kB)
[img] Text
Daftar Pustaka - Diah ayu setyowati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] Text
SKRIPSI LENGKAP - Diah ayu setyowati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (868kB)

Abstract

Pelayanan kefarmasian adalah suatu pelayanan langsung dan bertanggung jawab kepada pasien yang berkaitan dengan sediaan farmasi dengan maksud untuk meningkatkan mutu kehidupan pasien. Penilaian terhadap mutu pelayanan kefarmasian dapat dilakukan berdasarkan kepuasan pasien di IFRS. Kepuasan pasien diukur dengan 5 dimensi yaitu kehandalan, ketanggapan, jaminan, empati, dan bukti fisik. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di rumah sakit direview dari beberapa artikel. Metode: Metode penelitian yang digunakan yaitu metode pendekatan meta- anlisis. Meta-analisis merupakan suatu metode penelitian untuk pengambilan simpulan yang menggabungkan dua atau lebih penelitian sejenis sehingga diperoleh paduan data secara kuantitatif tanpa melakukan manipulasi eksperimental. Hasil: Hasil dimensi kepuasan dari kelima artikel berturut-turut mulai dimensi kehandalan, ketanggapan, jaminan, empati, dan bukti fisik yaitu, artikel pertama - 0,44, -0,59, -0,47, -0,49, -0,45, artikel kedua -0,85, -0,54, -0,73, -0,67, -0,59, artikel ketiga -0,17, -0,27, -0,73, -0,67, -0,59, artikel keempat -1,84, -0,76, -0,7, - 0,77, -0,53, dan artikel kelima 88,22%, 88,83%, 86,73%, 87,63%, 88,45%. Simpulan : Dimensi yang memperoleh nilai tertinggi terhadap kepuasan pasien yaitu dimensi kehandalan (reliability) dan dimensi ketanggapan (responsiveness), sedangkan dimensi yang memperoleh tingkat kepuasan rendah dan perlu dilakukan peningkatan kualitas yaitu dimensi keyakinan, empati dan bukti fisik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords: Rumah Sakit, Pelayanan kefarmasian, Tingkat kepuasan pasien, Rawat Jalan, Rawat Inap
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas UNW > S1 Farmasi
User Id: UPT Perpustakaan UNW 2
Date Deposited: 22 Sep 2020 03:30
Last Modified: 22 Sep 2020 03:30
URI: http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/880

Actions (login required)

View Item View Item