Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Bantuan Media Canva Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 3 Sd Negeri Langensari 4

Ariyanti, Indi Shafira (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Bantuan Media Canva Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 3 Sd Negeri Langensari 4. S1 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.

[img] Text
JURNAL - Indi Shafira Ariyanti.docx
Restricted to Registered users only

Download (113kB) | Request a copy
[img] Text
JURNAL - Indi Shafira Ariyanti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB) | Request a copy
[img] Text
Halaman Artikel - Indi Shafira Ariyanti.pdf

Download (338kB)
[img] Text
LAMPIRAN DEPAN - Indi Shafira Ariyanti.pdf

Download (1MB)
[img] Text
COVER DEPAN - Indi Shafira Ariyanti.pdf

Download (117kB)
[img] Text
BAB 1 - Indi Shafira Ariyanti.pdf

Download (303kB)
[img] Text
ABSTRAK - Indi Shafira Ariyanti.pdf

Download (39kB)
[img] Text
BAB 2 - Indi Shafira Ariyanti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3 - Indi Shafira Ariyanti.pdf

Download (512kB)
[img] Text
BAB 4 - Indi Shafira Ariyanti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5 - Indi Shafira Ariyanti.pdf

Download (91kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA - Indi Shafira Ariyanti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB) | Request a copy
[img] Text
Laporan Bimbingan Skripsi - Indi Shafira Ariyanti.pdf

Download (8MB)
[img] Text
LAMPIRAN BELAKANG - Indi Shafira Ariyanti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
SKRIPSI - Indi Shafira Ariyanti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text
SKRIPSI - Indi Shafira Ariyanti.docx
Restricted to Registered users only

Download (17MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya perbedaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dan pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan bantuan media Canva terhadap kemampuan berpikir kritis siwa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dan mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan bantuan media Canva terhadap kemampuan berpikir kritis siwa. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yang merupakan metode penelitian yang menggunakan data numerik untuk menyelidiki topik yang diamati. Populasi yang digunakan digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri Langensari 04, IIIA sebagai kelas kontrol dan IIIB sebaga kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan teknik tes dan teknik non tes yang berupa observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji independent sample t-test, dan uji regresi. Hasil menunjukkan : 1.Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan Canva. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata menunjukkan kelas kontrol 0,023 < 0,05 dan kelas eksperimen 0,021 < 0,05 maka Ho ditolak atau menerima Ha. 2.Terdapat pengaruh dari penggunaan model pembelajaran PBL berbantuan Canva terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Hal ini dibuktikan dengan taraf signifikasi 0,00 < 0,05 yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Serta mempengaruhi variabel kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 58% yang artinya variabel model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media Canva mempengaruhi variabel kemampuan berpikir kritis sebesar 58%. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media Canva berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Kata Kunci : Problem Based Learning, Canva, Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIDNEmail
Thesis advisorRizqi, Hesti Yunitiaranidn0614069403library@unw.ac.id
Keywords: Problem Based Learning, Canva, Berpikir Kritis, Indi Shafira Ariyanti 134201002
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas UNW > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
User Id: UPT Perpustakaan 6
Date Deposited: 12 Nov 2024 08:05
Last Modified: 12 Nov 2024 08:05
URI: http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/4784

Actions (login required)

View Item View Item