GAMBARAN KEPUASAN PASIEN JAMINAN KESEHATAN NASIONAL DI POLIKLINIK PENYAKIT DALAM RSUD DR. GONDO SUWARNO TAHUN 2023

Rahmi, Yurita (2024) GAMBARAN KEPUASAN PASIEN JAMINAN KESEHATAN NASIONAL DI POLIKLINIK PENYAKIT DALAM RSUD DR. GONDO SUWARNO TAHUN 2023. S1 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.

[img] Text
Abstrak pdf - Yurita Rahmi.pdf

Download (12kB)
[img] Text
Halaman Judul pdf - Yurita Rahmi.pdf

Download (32kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan Artikel - Yurita Rahmi.pdf

Download (438kB)
[img] Text
ARTIKEL yuri - Yurita Rahmi.docx
Restricted to Registered users only

Download (70kB) | Request a copy
[img] Text
ilovepdf_merged - Yurita Rahmi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I pdf - Yurita Rahmi.pdf

Download (29kB)
[img] Text
BAB III pdf - Yurita Rahmi.pdf

Download (101kB)
[img] Text
BAB V pdf - Yurita Rahmi.pdf

Download (7kB)
[img] Text
Daftar Pustaka pdf - Yurita Rahmi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[img] Text
Lampiran Belakang pdf - Yurita Rahmi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (574kB) | Request a copy
[img] Text
lembar konsul - Yurita Rahmi.pdf

Download (328kB)
[img] Text
YURITA RAHMI_22211005_YUDISIUM_REVISI TERAKHIR FIX - Yurita Rahmi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
YURITA RAHMI_22211005_YUDISIUM_REVISI TERAKHIR - Yurita Rahmi.doc
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang: Sebagai sistem jaminan kesehatan nasional, BPJS diharapkan dapat memberikan layanan kesehatan terbaik kepada masyarakat. Namun, masih banyak permasalahan yang timbul di rumah sakit atau Puskesmas terkait pelayanan kepada pasien yang menggunakan JKN. Tingkat kepuasan pasien yang merupakan peserta JKN terhadap layanan kesehatan di RSUD dr. Gondo Suwarno pada bulan Mei 2023, didapati bahwa terdapat tingkat ketidakpuasan sebanyak 123 pelanggan. RSUD dr. Gondo Suwarno memiliki rating kepuasan pasien terendah dengan angka 2,9. Berdasarkan beberapa studi awal, dapat disimpulkan bahwa masih ada ketidakpuasan dari pasien terhadap penggunaan dan penerimaan layanan kesehatan di RSUD dr. Gondo Suwarno. Buruknya manajemen rumah sakit dan kualitas pelayanan medis bagi peserta JKN diidentifikasi menjadi penyebab kerugian, baik bagi rumah sakit maupun pasien. Pasien yang tidak puas dengan suatu layanan sebenarnya diam-diam memilih ke layanan pesaing. Hal ini menunjukkan bahwa diamnya pasien merupakan pertanda buruk bagi rumah sakit. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran kepuasan pasien JKN di Poli Penyakit Dalam RSUD Dr. Gondo Suwarno tahun 2023. Metode: Jenis penelitian kuantitatif menggunakan desain deskrriptif dengan pendekatan survey. Sampel pada penelitian ini berjumlah 95 responden dengan menggunakan metode quota sampling. Pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan lembar kuesioner serta menggunakan analisa univariat. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden puas dengan pelayanan di RSUD dr. Gondo Suwarno (95,8%) dan 4,2% responden menyatakan kurang puas dengan pelayanan di RSUD dr. Gondo Suwarno dan dianggap menjalankan Janji Layanan JKN dengan memberikan pelayanan yang mudah, cepat dan setara. Simpulan: Sebagian besar responden merasa puas dalam aspek aksebilitas (mudahnya akses lokasi dan informasi). Dan sebagian masih merasa kurang puas dalam aspek pelayanan (waktu tunggu dan ketepatan jadwal dokter poliklinik). Kata Kunci: Status Kepesertaan, Kepuasan Pasien, Rumah Sakit

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIDNEmail
Thesis advisorWahyuni, SriNIDN0613117502library@unw.ac.id
Keywords: Status Kepesertaan, Kepuasan Pasien, Rumah Sakit
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Fakultas UNW > S1 Kesehatan Masyarakat
User Id: UPT Perpustakaan UNW 3
Date Deposited: 25 Oct 2024 06:30
Last Modified: 25 Oct 2024 06:30
URI: http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/4638

Actions (login required)

View Item View Item