Pakpahan, Hotmiati (2024) Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Poliklinik Dengan Kepuasan Pasien Jkn Di Rumah Sakit Restu Ibu Balikpapan. S1 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.
Text
Artikel Hotmiati Pakpahan - NIM. 017231011 - hotmiati P.docx Restricted to Registered users only Download (46kB) | Request a copy |
|
Text
abstract - hotmiati P.pdf Download (287kB) |
|
Text
BAB I PENDAHULUAN - hotmiati P.pdf Download (158kB) |
|
Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA - hotmiati P.pdf Restricted to Registered users only Download (99kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III METODE PENELITIAN - hotmiati P.pdf Download (391kB) |
|
Text
BAB IV - hotmiati P.pdf Restricted to Registered users only Download (195kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V PENUTUP - hotmiati P.pdf Download (84kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA - hotmiati P.pdf Restricted to Registered users only Download (235kB) | Request a copy |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN ARTIKEL - hotmiati P.pdf Download (137kB) |
|
Text
LEMBAR KONSUL BIMBINGAN TA - hotmiati P.pdf Download (416kB) |
|
Text
LAMPIRAN DEPAN - hotmiati P.pdf Download (1MB) |
|
Text
LAMPIRAN BELAKANG - hotmiati P.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
HALAMAN JUDUL - hotmiati P.pdf Download (32kB) |
|
Text
SKRIPSI HOTMIATI - hotmiati P.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text
SKRIPSI HOTMIATI - hotmiati P.docx Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Latar Belakang: Mutu pelayanan kesehatan adalah kesesuaian pelayanan yang sesuai dengan standar pelayanan kesehatan tetapi dalam pelaksanaanya ada pelayanan yang diberikan tidak sesuai atau dibawah standar. Ketika pemberian pelayanan kesehatan yang tidak sesuai standar akan memunculkan ketidakpuasan. Ketidakpuasan akan berdampak adanya complain dari konsumen, tidak menggunakan kembali pelayanan dan membicarakan hal yang buruk terkait pelayanan ke orang lain. Hal ini berakibat pada pendapatan rumah sakit menurun, sehingga rumsah sakit beresiko tutup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan kesehatan poliklinik dengan kepuasan pasien JKN di Rumah Sakit Restu Ibu Balikpapan. Metode: Jenis penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif korelasional dengan pendekatan cross sectional Populasi penelitian adalah pasien JKN di Poliklinik Rumah Sakit Restu Ibu Balikpapan dan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sebanyak 99 orang. Pengumpulan data menggunakan lembar kuesioner. Analisis data adalah analisis univariat dan analisis bivariat menggunakan uji chi square (χ2). Hasil: Gambaran mutu pelayanan kesehatan poliklinik dengan kategori baik yaitu 73 orang (73,7%) dan kategori kurang yaitu 26 orang (26,3%). Gambaran kepuasan pasien JKN dengan kategori puas yaitu 70 orang (70,7%) dan kategori tidak puas yaitu 29 orang (29,3%). Hasil uji statistik chi square (χ2) diperoleh ρ value (0,000) < α (0,05) menunjukkan bahwa Ha diterima. Simpulan: Terdapat hubungan antara mutu pelayanan kesehatan poliklinik dengan kepuasan pasien JKN di Rumah Sakit Restu Ibu Balikpapan. Saran: Hendaknya perawat dapat memperbaiki layanan kesehatan yang diberikan dengan memperbaiki sikap dalam memberikan pelayanan yang berkualitas.
Item Type: | Thesis (S1) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Keywords: | Mutu Pelayanan Kesehatan, Kepuasan, Hotmiati Pakpahan, 017231011 | ||||||||
Subjects: | R Medicine > RT Nursing | ||||||||
Divisions: | Fakultas > S1 Keperawatan | ||||||||
User Id: | UPT Perpustakaan 5 | ||||||||
Date Deposited: | 24 Oct 2024 06:11 | ||||||||
Last Modified: | 24 Oct 2024 06:11 | ||||||||
URI: | http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/4556 |
Actions (login required)
View Item |