SAFIUL HUMAM, MUHAMAD (2023) POLA KONSUMSI MASYARAKAT TERHADAP MASAKAN JEPANG DI WARUNG WASABI KOTA SEMARANG スマラン市わさび屋における日本食の地域消費パターン. S1 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.
Text
HALAMAN PENGESAHAN ARTIKEL - 4フマム.pdf Download (107kB) |
|
Text
LAMPIRAN DEPAN HUMAM - 4フマム.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK - 4フマム.pdf Download (238kB) |
|
Text
BAB I - 4フマム.pdf Download (370kB) |
|
Text
BAB III - 4フマム.pdf Download (333kB) |
|
Text
BAB V - 4フマム.pdf Download (141kB) |
|
Text
SKRIPSI HUMAM - 4フマム.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text
(FIX) SKRIPSI hari selasa 18 oktober 2022 - 4フマム.docx Restricted to Registered users only Download (17MB) |
|
Text
Artikel Humam_Review 1 (02-1-2023) - 4フマム.docx Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Humam, Muhamad Safiul. 2022. Pola Konsumsi Masyarakat Terhadap Masakan Jepang di Warung Wasabi Kota Semarang. Skripsi. Progam Studi S1 Sastra Jepang. Fakultas Ekonomi, Hukum dan Humaniora. Pembimbing: Umi Handayani, S. Pd., M.Pd. Masyarakat konsumsi adalah masyarakat yang memiliki pola hidup yang konsumtif terhadap objek/barang. Hal ini, dikarenakan konsumsi merupakan suatu kegiatan yang lazim dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hidup pada zaman sekarang. Masyarakat konsumsi seperti yang dimaksud seperti di atas merupakan target pasar di beberapa negara yang telah menerapkan soft power untuk mendapatkan keuntungan secara politik dan ekonomi. Soft power adalah kemampuan untuk menarik perhatian dari suatu negara untuk mempengaruhi negara lain demi mencapai tujuan politik dan ekonomi dengan cara lunak melalui budaya. Salah satu bentuk penerapan yang dilakukan melalui gastrodiplomasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola konsumsi masyarakat melalui masakan Jepang di warung Wasabi kota Semarang provinsi Jawa Tengah. Metode penelitian ini menggunakan Metode deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan datanya melalui wawancara dan observasi. Responden dalam penelitian ini berjumlah 11 responden terdiri dari 1 owner dan 10 konsumen di warung Wasabi. Dari jawaban responden konsumen yang didapatkan sebanyak 10 responden, terdapat 6 orang yang benar-benar makan di wasabi karena keinginan. Hasil penelitian ini ditemukan pola konsumsi masyarakat terhadap masakan Jepang di warung Wasabi kota Semarang sebagian besar masuk ke dalam kategori style atau trend dalam pola konsumsinya dengan mengesampingkan kebutuhan dasar mereka. Menu yang disediakan di warung Wasabi kota Semarang, tergolong lengkap dan dari segi harga masih terjangkau oleh masyarakat sekitar sehingga menarik untuk dikunjungi yang mana secara tidak langsung hal tersebut dapat memperlancar gastrodiplomasi yang dilakukan oleh negara Jepang.
Item Type: | Thesis (S1) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Keywords: | Pola Konsumsi, Masyarakat konsumsi, soft power, gastrodiplomasi,warung Wasabi.MUHAMAD SAFIUL HUMAM 090118A009 | ||||||||
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas UNW > S1 Sastra Jepang | ||||||||
User Id: | UPT Perpustakaan UNW 2 | ||||||||
Date Deposited: | 14 Nov 2023 02:24 | ||||||||
Last Modified: | 16 Nov 2023 02:55 | ||||||||
URI: | http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/3453 |
Actions (login required)
View Item |