ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS WONOSOBO JANUARI 2023

NOER CHOTIFAH, TILA and Yuswantina, Richa (2023) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS WONOSOBO JANUARI 2023. S1 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.

[img] Text
Abstrak_Tila Noer Chotifah - Tila Noer Chotifah.pdf

Download (101kB)
[img] Text
Pengesahan artikel_Tila Noer Chotifah - Tila Noer Chotifah.pdf

Download (137kB)
[img] Text
Lampiran Depan_Tila Noer Chotifah - Tila Noer Chotifah.pdf

Download (460kB)
[img] Text
ARTIKEL _TILA Noer Chotifah - Tila Noer Chotifah.docx
Restricted to Repository staff only

Download (653kB) | Request a copy
[img] Text
BAB I - Tila Noer Chotifah.pdf

Download (93kB)
[img] Text
BAB III - Tila Noer Chotifah.pdf

Download (281kB)
[img] Text
BAB V - Tila Noer Chotifah.pdf

Download (83kB)
[img] Text
logbook_Tila - Tila Noer Chotifah.pdf

Download (450kB)
[img] Text
Skripsi Lengkap_Tila Noer Chotifah - Tila Noer Chotifah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang : Pelayanan kefarmasian adalah suatu pelayanan langsung dan bertanggung jawab kepada pasien yang berkaitan dengan sediaan farmasi dengan maksud mencapai hasil yang pasti untuk meningkatkan mutu kehidupan pasien. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui gambaran tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap kualitas pelayanan kefarmasian di Puskesmas Wonosobo berdasarkan kelima dimensi yaitu kehandalan, ketanggapan, keyakinan, kepedulian dan bukti fisik. Metode : Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif serta rancangan penelitian cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan metode non-probabillity sampling dengan jumlah sampel sebanyak 95 responden. Metode perhitungan kepuasan pasien menggunakan Customer Satisfiaction Index (CSI). Hasil : Hasil uji validitas dan reliabilitas dari kuisioner menunjukkan hasil valid dan reliabel. Kategori karakteristik responden dengan hasil terbanyak yaitu perempuan dengan persentase (60%), umur 26-35 tahun (35.78%), pekerjaan IRT (42.10%). Kepuasan pasien berdasarkan kelima dimensi yaitu puas untuk dimensi kehandalan (77.2%), kategori sangat puas dimensi ketanggapan (84.6%), dimensi keyakinan (84.6%), dimensi kepedulian (84.2%), dan dimensi bukti fisik (84.4%). Kesimpulan : Kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Wonosobo tahun 2022 bersadarkan perhitungan CSI yaitu sangat puas dengan persentase (83%) Kata Kunci : Puskesmas, Pelayanan Kefarmasian, Tingkat Kepuasan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords: Puskesmas, Pelayanan Kefarmasian, Tingkat Kepuasan, TILA NOER CHOTIFAH, 051191146
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas UNW > S1 Farmasi
User Id: UPT Perpustakaan UNW 3
Date Deposited: 19 Oct 2023 02:06
Last Modified: 19 Oct 2023 02:06
URI: http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/3235

Actions (login required)

View Item View Item