Zulkarnaen Afrizal, Muhamad (2021) EFEKTIVITAS MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH BERBANTUAN FLASH CARD TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PERKALIAN DAN PEMBAGIAN SISWA KELAS IV DI SDN PETUKANGAN UTARA 07 PAGI JAKARTA. S1 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.
Text
S1_130117A010_Artikel - Muhamad Zulkarnaen Afrizal.pdf Restricted to Registered users only Download (128kB) |
|
Text
S1_130117A010_BAB I - Muhamad Zulkarnaen Afrizal.pdf Download (102kB) |
|
Text
S1_130117A010_BAB II - Muhamad Zulkarnaen Afrizal.pdf Restricted to Registered users only Download (164kB) |
|
Text
S1_130117A010_BAB III - Muhamad Zulkarnaen Afrizal.pdf Download (130kB) |
|
Text
S1_130117A010_BAB IV - Muhamad Zulkarnaen Afrizal.pdf Restricted to Registered users only Download (338kB) |
|
Text
S1_130117A010_BAB V - Muhamad Zulkarnaen Afrizal.pdf Download (14kB) |
|
Text
S1_130117A010_Daftar Pustaka - Muhamad Zulkarnaen Afrizal.pdf Restricted to Registered users only Download (81kB) |
|
Text
S1_130117A010_Halaman Judul - Muhamad Zulkarnaen Afrizal.pdf Download (42kB) |
|
Text
S1_130117A010_Skripsi Lengkap - Muhamad Zulkarnaen Afrizal.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keefektivan model kooperatif tipe make a match berbantuan flash card terhadap peningkatan kemampuan perkalian dan pembagian siswa kelas IV. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment. Sampel penelitian ini adalah kelas IVA sejumlah 33 siswa sebagai kelas eksperimen dan IVB sejumlah 31 siswa sebagai kelas kontrol SDN Petukangan Utara 07 pagi Jakarta tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model make a match berbantuan flash card efektif terhadap peningkatan kemampuan perkalian dan pembagian siswa kelas IV. Hal ini dibuktikan berdasarkan: 1) terdapat perbedaan kualitas pembelajaran menggunakan model make a match berbantuan flash card dengan model ekspositori sebesar 2,30 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05; 2) terdapat pengaruh model make a match berbantuan flash card terhadap peningkatan kemampuan perkalian dan pembagian siswa kelas IV dengan thitung = 14,974 > ttabel = 0,344 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05; 3) terdapat peningkatan kemampuan perkalian dan pembagian siswa kelas IV dengan menggunakan model make a match berbantuan flash card sebesar 4,31 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05.
Item Type: | Thesis (S1) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Keywords: | flash card, make a match, perkalian dan pembagian, 130117A010 | ||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas UNW > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||
User Id: | UPT Perpustakaan UNW 4 | ||||||||
Date Deposited: | 30 Aug 2021 03:17 | ||||||||
Last Modified: | 05 Nov 2023 06:33 | ||||||||
URI: | http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/1499 |
Actions (login required)
View Item |