HUBUNGAN TINDAKAN BULLYING DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA ANAK SEKOLAH DASAR DI SDN PADANGSARI 01 SEMARANG

Fitriyah Marwa, Nuraini and Choiriyyah, Zumrotul and Sukarno, Sukarno (2020) HUBUNGAN TINDAKAN BULLYING DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA ANAK SEKOLAH DASAR DI SDN PADANGSARI 01 SEMARANG. S1 thesis, Universitas Ngudi Walyo.

[img] Text
S1_010116A060_ARTIKEL.pdf

Download (303kB)
[img] Text
S1_010116A060_HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (215kB)
[img] Text
S1_010116A060_ABSTRAK.pdf

Download (207kB)
[img] Text
S1_010116A060_BAB I.pdf

Download (178kB)
[img] Text
S1_010116A060_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)
[img] Text
S1_010116A060_BAB III.pdf

Download (209kB)
[img] Text
S1_010116A060_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] Text
S1_010116A060_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img] Text
S1_010116A060_BAB VI.pdf

Download (152kB)
[img] Text
S1_010116A060_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (227kB)
[img] Text
S1_010116A060_HALAMAN JUDUL.pdf

Download (38kB)
[img] Text
S1_010116A060_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (671kB)
[img] Text
S1_010116A060_SKRIPSI LENGKAP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tindakan bullying merupakan penyalahgunaan kekuatan yang menyebabkan ketidakbahagiaan pada anak sehingga anak tidak dapat mencapai potensinya secara penuh. Salah satu dampak buruk bagi korban bullying yaitu menurunnya prestasi belajar. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan tindakan bullying dengan prestasi belajar pada anak sekolah dasar di SDN Padangsari 01 Semarang. Jenis penelitian ini deskriptif korelasional dengan pendekatan cross sectional design. Sampel penelitian, 199 siswa dari kelas 1 sampai kelas 6 dengan menggunakan teknik Total Sampling. Alat pengambilan data untuk tindakan bullying menggunakan kuesioner dan prestasi belajar menggunakan nilai rapor semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Analisis data penelitian menggunakan uji Kendall’s Tau. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 25 siswa (12,6%) mengalami tindakan bullying berat, 105 siswa (52,8%) mengalami tindakan bullying sedang dan 69 siswa (34,7%) mengalami tindakan bullying ringan. Sebanyak 5 siswa (2,5%) mendapatkan prestasi belajar rendah, 162 siswa (81,4%) mendapatkan prestasi belajar sedang dan 32 siswa (16,1%) mendapatkan prestasi belajar tinggi. Hasil analisis data diperoleh nilai τ sebesar 0,271 dan p-value sebesar 0,000 (α=0,05). Terdapat hubungan yang bermakna antara tindakan bullying dengan prestasi belajar pada anak sekolah dasar di SDN Padangsari 01 Semarang. Sebaiknya siswa tidak melakukan tindakan bullying dan menjalin hubungan yang baik dengan temannya sehingga proses belajar dapat berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords: Tindakan Bullying, Prestasi Belajar, Anak SD
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas > S1 Keperawatan
User Id: UPT Perpustakaan UNW 4
Date Deposited: 14 Apr 2020 01:15
Last Modified: 14 Apr 2020 01:15
URI: http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/635

Actions (login required)

View Item View Item