PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA TERHADAP PENGETAHUAN CUCI TANGAN PAKAI SABUN PADA SISWA SD NEGERI BERGAS LOR 2

Nora Filaela, Filaela and Ita Puji, Lestari and Sri Wahyuni, Wahyuni (2020) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA TERHADAP PENGETAHUAN CUCI TANGAN PAKAI SABUN PADA SISWA SD NEGERI BERGAS LOR 2. S1 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.

[img] Text
S1_020116A021_HALAMAN JUDUL.pdf

Download (584kB)
[img] Text
S1_020116A021_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (572kB)
[img] Text
S1_020116A021_ABSTRAK.pdf

Download (159kB)
[img] Text
S1_020116A021_BAB I.pdf

Download (178kB)
[img] Text
S1_020116A021_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB) | Request a copy
[img] Text
S1_020116A021_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB) | Request a copy
[img] Text
S1_020116A021_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text
S1_020116A021_BAB V.pdf

Download (151kB)
[img] Text
S1_020116A021_DAFTARPUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB) | Request a copy
[img] Text
S1_020116A021_LAMPIRAN BELAKANG.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
S1_020116A021_SKRIPSI LENGKAP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
S1_020116A021_ARTIKEL.pdf

Download (387kB)
[img] Text
S1_020116A021_PENGESAHAN ARTIKEL.pdf

Download (165kB)

Abstract

Latar Belakang : Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) merupakan suatu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kesehatan dan mencegah penyakit. Perilaku CTPS bisa terbentuk setelah mereka memiliki pengetahuan tentang CTPS. Upaya yang dapat dilakukan untuk memberikan pengetahuan CTPS yaitu dengan memberikan media yang menarik seperti dengan permainan ular tangga . Diharapkan dengan diberi media permainan ular tangga dapat memberikan pengaruh terhadap pengetahua siswa siswa dapat mengetahui pengertian, langkah – langkah, manfaat, dan waktu penting untuk CTPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran ular tangga terhadap pengetahuan cuci tangan pakai sabun pada siswa SD Negeri Bergas Lor 2. Metode : Jenis penelitian ini adalah Pre Eksperimental Design dengan one group pretest postest design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SD Negeri Bergas Lor 2 dengan populasi sebesar 149 dan sampel penelitian sebanyak 25 siswa. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan yaitu dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengisian kuesioner, wawancara dan dengan alat bantu media ular tangga. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Wilcoxon. Hasil : Pengetahuan siswa sebelum diberikan media pembelajaran ular tangga terdapat 19 siswa dengan pengetahaun cukup atau 76%, dan 6 siswa masuk dalam pengetahuan baik atau 24%, sedangkan pengetahuan siswa sesudah diberikan media pembelajaran ular tangga didapati 22 siswa dengan pengetahuan baik atau 88%. Terdapat perbedan rata-rata pengetahuan sebesar 3,8 dan hasil analisis menunjukkan (p=0,001) jadi terdapat perbedaan pengetahuan sebelum dan sesudah diberikan media pembeljaran ular tangga tentang cuci tangan pakai sabun. Simpulan : Kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada pengaruh media pembelajaran ular tangga terhadap pengetahuan CTPS pada siswa SD Negeri Bergas Lor 2.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords: CTPS, Pengetahuan, Ular Tangga
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Depositing User: UPT Perpustakaan UNW 3
Date Deposited: 31 Mar 2020 03:11
Last Modified: 03 Apr 2020 02:37
URI: http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/576

Actions (login required)

View Item View Item