PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN SPIN HAPPY TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP

Ayu setiawati, Tria (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN SPIN HAPPY TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP. S1 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.

[img] Text
Tria Ayu Setiawati_131211025_abstrakpdf - S1 PGSD_Tria Ayu Setiawati.pdf

Download (20kB)
[img] Text
Tria Ayu Setiawati_131211025_lampiran depan - S1 PGSD_Tria Ayu Setiawati.pdf

Download (865kB)
[img] Text
Tria Ayu Setiawati_131211025_halaman judul - S1 PGSD_Tria Ayu Setiawati.pdf

Download (65kB)
[img] Text
(revisi) Tria Ayu Setiawati_131211025_artikeldoc - S1 PGSD_Tria Ayu Setiawati.doc
Restricted to Registered users only

Download (324kB) | Request a copy
[img] Text
Tria Ayu Setiawati_131211025_pengesahan artikel - S1 PGSD_Tria Ayu Setiawati.pdf

Download (66kB)
[img] Text
(revisi) Tria Ayu Setiawati_131211025_artikelpdf - S1 PGSD_Tria Ayu Setiawati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB) | Request a copy
[img] Text
Tria Ayu Setiawati_131211025_bab I - S1 PGSD_Tria Ayu Setiawati.pdf

Download (157kB)
[img] Text
Tria Ayu Setiawati_131211025_bab V - S1 PGSD_Tria Ayu Setiawati.pdf

Download (13kB)
[img] Text
Tria Ayu Setiawati_131211025_bab III - S1 PGSD_Tria Ayu Setiawati.pdf

Download (420kB)
[img] Text
Tria Ayu Setiawati_131211025_daftarpustaka - S1 PGSD_Tria Ayu Setiawati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB) | Request a copy
[img] Text
Tria Ayu Setiawati_131211025_lembar konsul - S1 PGSD_Tria Ayu Setiawati.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Tria Ayu Setiawati_131211025_fulltextpdf - S1 PGSD_Tria Ayu Setiawati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28MB) | Request a copy
[img] Text
Tria Ayu Setiawati_131211025_lampiran belakang_compressed-dikompresi - S1 PGSD_Tria Ayu Setiawati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy
[img] Text
Tria Ayu Setiawati_131211025_fulltextdoc - S1 PGSD_Tria Ayu Setiawati.docx
Restricted to Registered users only

Download (54MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pemeblajaran problem based learning berbantuan spin happy untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep. Permasalahan yang dihadapi adalah rendahnya kemampuan pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa SDN Bandungan 01, lalu sampel penelitiannya adalah kelas V SDN Bandungan 01. Teknik analisis data dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji regresi, dan uji independent sample t test. Hasil penelitian menunjukkan : (1) terdapat perbedaan penggunaan model pembelajaran problem based learning berbantuan spin happy terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa. Hal ini dibuktikan dengan taraf signifikansi < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kualitas pembelajaran kelompok eksperimen dan kontrol. Rataan untuk kelas eksperimen 89,77 lebih besar daripada rataan kelas kontrol 74,40. (2) terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning berbantuan spin happy terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa. Hal ini dibuktikan dengan t hitung = 7,929 > ttabel = 2,110 dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05. Sehingga pada variabel kemampuan pemahaman konsep dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan spin happy terhadap kemampuan pemahaman konsep 78,7%. Kata Kunci: Problem-Based Learning, Spin Happy, Pemahaman Konsep

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIDNEmail
Thesis advisorYunitiara Rizqi, Hestinidn0614069403library@unw.ac.id
Keywords: Problem-Based Learning, Spin Happy, Pemahaman Konsep, Tria Ayu setiawati, 131211025
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas UNW > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
User Id: UPT Perpustakaan UNW 3
Date Deposited: 04 Jun 2025 01:56
Last Modified: 04 Jun 2025 01:56
URI: http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/5036

Actions (login required)

View Item View Item