Anindita, Deviana (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Berbantuan Media Big Book Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sd. S1 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.
Text
Jurnal Deviana Anindita, Anni Malihatul Hawa, Kartika Yuni Purwanti (1) - Deviana Anindita.docx Restricted to Registered users only Download (45kB) | Request a copy |
|
Text
ARTIKEL JURNAL DEVIANA - Deviana Anindita.pdf Restricted to Registered users only Download (702kB) | Request a copy |
|
Text
Lembar pengesahan artikel - Deviana Anindita.pdf Download (136kB) |
|
Text
LAMPIRAN DEPAN - Deviana Anindita.pdf Download (1MB) |
|
Text
HALAMAN JUDUL - Deviana Anindita.pdf Download (378kB) |
|
Text
ABSTRACT - Deviana Anindita.pdf Download (557kB) |
|
Text
BAB I - Deviana Anindita.pdf Download (692kB) |
|
Text
BAB II - Deviana Anindita.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB III - Deviana Anindita.pdf Download (919kB) |
|
Text
BAB IV - Deviana Anindita.pdf Restricted to Registered users only Download (692kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V - Deviana Anindita.pdf Download (336kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA - Deviana Anindita.pdf Restricted to Registered users only Download (481kB) | Request a copy |
|
Text
Lembar Konsultasi - Deviana Anindita.pdf Download (1MB) |
|
Text
LAMPIRAN-dikompresi - Deviana Anindita.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text
SKRIPSI DEVIANA ANINDITA - Deviana Anindita.pdf Restricted to Registered users only Download (15MB) | Request a copy |
|
Text
SKRIPSI DEVIANA ANINDITA PGSD (131201032) edit - Deviana Anindita.docx Restricted to Registered users only Download (21MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berbantuan media Big Book terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas I di SDN Plumutan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis metode eksperimen yaitu Quasi Experimental Design dengan bentuk desain NonEquivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDN Plumutan. Sedangkan untuk sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IA dan IB SDN Plumutan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes ranah kognitif, observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Uji Independent sample T-Test dan Uji Regresi Linier Sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan rata-rata kemampuan membaca permulaan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen, yang mana dapat dilihat dari Uji Independent Sample T-Test yang menunjukkan nilai sig. 0,001 < 0,05 maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan rata-rata kemampuann membaca permulaan siswa yang signifikan antara kelompok belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. (2) Terdapat pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berbantuan media big book terhadap kemampuan membaca permulaan siswa, hal ini dapat diketahui dari hasil Uji Regresi Linier Sederhana yang menunjukkan signifikasi yang kurang dari 0,05 yaitu 0,028<0,05. Sehingga data hasil uji regresi linier sederhana Model Summary, diperoleh nilai R. Square = 0,242 = 24,2%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berbantuan media big book berpengaruh terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas I di SDN Plumutan. Kata Kunci : Model Pembelajaran CIRC, Media Big Book, Kemampuan Membaca Permulaan
Item Type: | Thesis (S1) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Keywords: | Model Pembelajaran CIRC, Media Big Book, Kemampuan Membaca Permulaan, Deviana Anindita 131201032 | ||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas UNW > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||
User Id: | UPT Perpustakaan 6 | ||||||||
Date Deposited: | 12 Nov 2024 01:33 | ||||||||
Last Modified: | 12 Nov 2024 01:33 | ||||||||
URI: | http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/4778 |
Actions (login required)
View Item |