HUBUNGAN BULLYING VERBAL DENGAN PENERIMAAN DIRI PADA REMAJA

Khusniah, Khotimatul (2023) HUBUNGAN BULLYING VERBAL DENGAN PENERIMAAN DIRI PADA REMAJA. S1 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.

[img] Text
UNW 2023 KHOTIMATULKHUSNIAH_ARTIKEL_tabel - khotimatul khusnia.doc
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[img] Text
PENGESAHAN ARTIKEL - khotimatul khusnia.pdf

Download (89kB)
[img] Text
Khotimatul Khusniah Lampiran Depan - khotimatul khusnia.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak_Khotmatul Khusniah FIX - khotimatul khusnia.pdf

Download (256kB)
[img] Text
Khotimatul Khusniah BAB I - khotimatul khusnia.pdf

Download (282kB)
[img] Text
Khotimatul Khusniah BAB III - khotimatul khusnia.pdf

Download (528kB)
[img] Text
Khotimatul Khusniah BAB V - khotimatul khusnia.pdf

Download (150kB)
[img] Text
lEMBAR KONSUL - khotimatul khusnia.pdf

Download (659kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB 1-5 _Khotimatul Khusniah (REVISI Juli 2023) - khotimatul khusnia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img] Text
skripsi lengkap - Antonio Obet Elu.docx
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Bullying verbal dapat menyebabkan luka trauma psikologis pada korban, sehingga akan mempengaruhi pada kehidupan sehari-hari. Dampak tersebut yang dapat menyebabkan korban bullying ini dapat memiliki penerimaan diri yang buruk. Remaja korban bullying dapat mengalami penerimaan diri buruk sedangkan penerimaan diri juga mempunyai pengaruh terhadap kesehatan mental individu. Tujuan : Untuk mengetahui hubungan bullying verbal dengan penerimaan diri pada remaja di SMA Negeri 1 Karanggede. Metode : Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII yang bejumlah 315 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan simpel random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 177 responden. Data dikumpulkan dengan kuesioner bullying verbal dan penerimaan diri. Uji statistik ini menggunakan uji Kendall tau. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa bullying verbal pada remaja sebagian besar dalam ketegori sedang sebanyak 188 siswa (66,7%), dan penerimaan diri pada remaja sebagian besar dalam ketegori sedang sebanyak 126 siswa (71,2%). Hasil analisi menggunakan uji kendall tau diperoleh nilai p-value 0,048 (α=0,05). Kesimpulan: Terdapat hubungan antara bullying verbal dengan penerimaan diri pada remaja di SMA Negeri 1 Karanggede. Saran : Diharapkan siswa mengetahui adanya tindakan bullying verbal disekitarnya, dan diharapkan untuk dapat mencegah serta memberhentikan tindakan bullying verbal, dengan cara melaporkan tindakan tersebut kepada pihak sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIDNEmail
Thesis advisorLiyanovitasari, Liyanovitasarinidn0630078801library@unw.ac.id
Keywords: Bullying verbal, penerimaan diri, remaja,Khotimatul Khusniah 011191078
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas > S1 Keperawatan
User Id: UPT Perpustakaan UNW 2
Date Deposited: 07 Feb 2024 01:07
Last Modified: 07 Feb 2024 01:07
URI: http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/3707

Actions (login required)

View Item View Item