HUBUNGAN PENGGUNAAN SMARTPHONE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK DI DESA KEDUNG LEPER, JEPARA

KRISNA SAPUTRA, ADI (2023) HUBUNGAN PENGGUNAAN SMARTPHONE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK DI DESA KEDUNG LEPER, JEPARA. S1 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.

[img] Text
S1_010117A003_ABSTRAK - adi krisna.pdf

Download (72kB)
[img] Text
S1_010117A003_LEMBAR PENGESAHAN ARTIKEL - adi krisna.pdf

Download (103kB)
[img] Text
S1_010117A003_LAMPIRAN DEPAN - adi krisna.pdf

Download (497kB)
[img] Text
S1_010117A003_ARTIKEL - adi krisna.docx
Restricted to Repository staff only

Download (245kB) | Request a copy
[img] Text
S1_010117A003_BAB I - adi krisna.pdf

Download (147kB)
[img] Text
S1_010117A003_BAB V - adi krisna.pdf

Download (15kB)
[img] Text
S1_010117A003_BAB III - adi krisna.pdf

Download (215kB)
[img] Text
S1_010117A003_LEMBAR KONSULTASI - adi krisna.pdf

Download (52kB)
[img] Text
S1_010117A003_SKRIPSI LENGKAP - adi krisna.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
S1_010117A003_SKRIPSI LENGKAP - adi krisna.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang: Situasi perilaku anak-anak yang sudah tercandu dengan smartphone secara langsung bisa mengganggu motivasi belajar dan membuat mereka sulit untuk berkonsentrasi dalam belajar. Penggunaan smartphone yang berlebihan dan di luar kontrol mengakibatkan siswa merasa belajar bukan lagi fokus utama mereka. Realitas ini mengganggu motivasi belajar mereka baik di sekolah maupun di rumah. Tujuan : Mengetahui Hubungan Penggunaan Smartphone Terhadap Motivasi Belajar anak di Desa Kedung Leper Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara. Metode : Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional, dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah anak usia sekolah yang berada di Desa Kedung Leper Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara dengan jumlah anak sebanyak 83 orang, dengan jumlah sampel 69 anak yang diambil hitung menggunakan rumus Slovin dengan metode lottery technique. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner. Analisis data menggunakan uji Spearman Rank. Hasil : Penelitian menggunakan uji Wilcoxon mendapatkan hasil bahwa ada perbedaan rerata tingkat ansietas sebelum dan setelah diberikan terapi hipnosis lima jari, rerata tingkat ansietas sebelum diberikan intervensi yaitu 2.38 turun menjadi 1.79 setelah diberikan intervensi. Nilai p-value = 0.000 (α=0.05) Kesimpulan : nilai p-value adalah 0.000 sehingga dapat diartikan bahwa terdapat Hubungan Penggunaan Smartphone Terhadap Motivasi Belajar anak di Desa Kedung Leper Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara. Kata Kunci : Anak usia sekolah, Smartphone, Motivasi belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIDNEmail
Thesis advisorSuwanti, Suwantinidn0618127701library@unw.ac.id
Keywords: Anak usia sekolah, Smartphone, Motivasi belajar, ADI KRISNA SAPUTRA, 010117A003
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas > S1 Keperawatan
User Id: UPT Perpustakaan UNW 3
Date Deposited: 31 Oct 2023 03:31
Last Modified: 31 Oct 2023 03:31
URI: http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/3395

Actions (login required)

View Item View Item