KEEFEKTIFAN PERMAINAN SEBUT KATA DAN ULAR TANGGA KATA (SETUTA) TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KATA ANAK USIA 4-6 TAHUN

Illiyyiin Yunda Putri, Nun and Ilham Prahesti, Swantyka (2021) KEEFEKTIFAN PERMAINAN SEBUT KATA DAN ULAR TANGGA KATA (SETUTA) TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KATA ANAK USIA 4-6 TAHUN. S1 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.

[img] Text
artikel - Yunda Putri.pdf

Download (546kB)
[img] Text
BAB I - Yunda Putri.pdf

Download (378kB)
[img] Text
BAB II - Yunda Putri.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[img] Text
BAB III - Yunda Putri.pdf

Download (342kB)
[img] Text
BAB IV - Yunda Putri.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB)
[img] Text
BAB V - Yunda Putri.pdf

Download (108kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA - Yunda Putri.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8kB)
[img] Text
Halaman Judul - Yunda Putri.pdf

Download (188kB)
[img] Text
Skripsi Terbaru Yunda - Yunda Putri.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Lampiran Depan - Yunda Putri.pdf

Download (536kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurang pengawasan orang tua dan guru dalam kemampuan mengenal kata sebagian anak-anak menggunakan banyak kata/kosa kata yang kurang santun di usianya dan tidak pantas diucapkan, karena stimulasi bermain online banyak muncul kalimat-kalimat yang tidak pantas, lingkungan sekitar rumah yang saya teliti sebagian menggunakan kata-kata kasar dan dapat didengar oleh anak di TK IT Bintang Kecil Kota Semarang. Hal ini ditunjukan dengan kurangnya pemahaman anak terhadap kosakata. Maka dilakukan upaya untuk meningkatkan kemampuan mengenal kata dengan cara permainan SETUTA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan data tentang keefektifan SETUTA terhadap kemampuan mengenal kata dan memahami cara permainan pengenalan kata di TK IT Bintang Kecil Kota Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Desain eksprerimen yang digunakan adalah one grup pretest posttest, analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Paired sample t-test. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh anak TK IT Bintang Kecil Kota Semarang tahun ajaran 2020-2021. Sampel yang digunakan berjumlah 20 anak yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 11 anak perempuan. Berdasarkan hasil analisis pada pengujian hipotesis diterima, dilakukan pengujian dengan perhitungan uji-t. Dan hasil perhitungan uji hubungan antara kedua data atau hubungan variabel sebelum dan sesudah diketahui nilai koefisien korelasi sebesar 0,940 dengan nilai signifikasi sebesar 0,0 . Karena nilai sig. 0,00 < probabilitas 0,05 maka dapat dikatakan bahwa ada hubungan antara variabel sebelum dan variabel sesudah. Berdasarkan output Uji Paired Simple Test diatas diperoleh nilai t hitung = dan nilai sig. =0,000. Pada tabel tersebut diketahui nilai sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat perbedaan rata-rata signifikan antara kemampuan mengenal kata sebelum dan sesudah menggunakan permainan sebut kata dan ular tangga kata.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords: 120117A006, Kemampuan Mengenal Kata, Permainan SETUTA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas UNW > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: UPT Perpustakaan UNW 4
Date Deposited: 30 Aug 2021 04:26
Last Modified: 30 Aug 2021 04:26
URI: http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/1512

Actions (login required)

View Item View Item