Dwi Utari, Kurnia (2020) PENERAPAN LEAN PADA PELAYANAN FARMASI RUMAH SAKIT. S1 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.
Text
S1_050218A104_HALAMAN JUDUL - Kurnia Utari.pdf Download (102kB) |
|
Text
S1_050218A104_Abstrak - Kurnia Utari.pdf Download (94kB) |
|
Text
S1_050218A104_Abstrak - Kurnia Utari.docx Restricted to Repository staff only Download (16kB) | Request a copy |
|
Text
S1_050218A104_Lampiran Depan - Kurnia Utari.pdf Download (821kB) |
|
Text
S1_050218A104_Lembar Pengesahan - Kurnia Utari.pdf Download (90kB) |
|
Text
S1_050218A104_BAB I - Kurnia Utari.pdf Download (100kB) |
|
Text
S1_050218A104_BAB II - Kurnia Utari.pdf Restricted to Repository staff only Download (429kB) | Request a copy |
|
Text
S1_050218A104_BAB III - Kurnia Utari.pdf Download (869kB) |
|
Text
S1_050218A104_BAB IV - Kurnia Utari.pdf Restricted to Repository staff only Download (283kB) | Request a copy |
|
Text
S1_050218A104_BAB V - Kurnia Utari.pdf Download (96kB) |
|
Text
S1_050218A104_DAFTAR PUSTAKA - Kurnia Utari.pdf Restricted to Repository staff only Download (310kB) | Request a copy |
|
Text
S1_050218A104_Skripsi Lengkap - Kurnia Utari.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
|
Text
S1_050218A104_Skripsi Lengkap - Kurnia Utari.docx Restricted to Repository staff only Download (23MB) | Request a copy |
Abstract
Latar Belakang:Masalah dalam mutu pelayanan farmasi Rumah Sakit menyebabkan kepuasan pasien tidak terpenuhi. Lean merupakan strategi yang berfokus dalam menghilangkan ketidakefisienan. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi waste, menganalisis akar penyebab waste, dan memberikan usulan perbaikan dalam mengurangi atau mengeliminasi waste yang terjadi dalam proses pelayanan farmasi Rumah Sakit. Metode:Pada review artikel ini menggunakan pendekatan Meta Analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil:Dari hasil review artikel 1-5 menghasilkan lead time rata-rata > 15 menit dan teridentifikasi waste defect, waste overproduction, waste transportation, waste waiting, waste inventory, waste motion, waste overprocessing, dan waste human potensial menggunakan value stream mapping. Untuk root cause analysis dari waste diidentifikasi menggunakan fishbone diagram dan 5S dengan hasil berupa fasilitas kurang memadai, visual management belum optimal dan ketidakseimbangan pelayanan farmasi. Usulan perbaikan, diantaranya pengadaan fasilitas, optimalisasi visual management, pengadaan dan perbaikan SPO. Simulasi dan Implementasi usulan perbaikan menunjukan adanya penurunan lead time / cycle time. Kesimpulan:Waste yang sering ditemukan pada pelayanan farmasi Rumah Sakit adalah waste waiting dan waste motion. Akar penyebab waste sebagian besar disebabkan fasilitas kurang memadai, visual management belum optimal danketidakseimbangan pelayanan farmasi. Usulan perbaikan dengan pengadaan fasilitas, optimalisasi visual management, pengadaan dan perbaikan SPO Kata kunci: Lean, Pelayanan Farmasi, Rumah Sakit, Waste.
Item Type: | Thesis (S1) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Keywords: | Lean, Pelayanan Farmasi, Rumah Sakit, Waste. | ||||||||
Subjects: | R Medicine > RS Pharmacy and materia medica | ||||||||
Divisions: | Fakultas UNW > S1 Farmasi | ||||||||
User Id: | UPT Perpustakaan UNW 3 | ||||||||
Date Deposited: | 01 Oct 2020 02:46 | ||||||||
Last Modified: | 06 Nov 2023 01:42 | ||||||||
URI: | http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/930 |
Actions (login required)
View Item |