Harapan, Pandangan, Dan Kebutuhan Masyarakat Terhadap Pelayanan Di Apotek Karunia Sehat Baru Kabupaten Semarang

Widyasmoro, Gita Prastiti Indah Sekar (2025) Harapan, Pandangan, Dan Kebutuhan Masyarakat Terhadap Pelayanan Di Apotek Karunia Sehat Baru Kabupaten Semarang. S1 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.

[img] Text
Gita Prastiti Indah Sekar W_051211060_Artikelpdf - Gita Prastiti Indah Sekar Widyasmoro.pdf
Restricted to Registered users only

Download (571kB) | Request a copy
[img] Text
Gita Prastiti Indah Sekar W_051211060_Artikeldoc - Gita Prastiti Indah Sekar Widyasmoro.docx
Restricted to Registered users only

Download (620kB) | Request a copy
[img] Text
Gita Prastiti Indah Sekar W_051211060_Abstrakpdf - Gita Prastiti Indah Sekar Widyasmoro.pdf

Download (93kB)
[img] Text
Gita Prastiti Indah Sekar W_051211060_Pengesahan Artikel - Gita Prastiti Indah Sekar Widyasmoro.pdf

Download (276kB)
[img] Text
Gita Prastiti Indah Sekar W_051211060_HALAMAN JUDUL - Gita Prastiti Indah Sekar Widyasmoro.pdf

Download (112kB)
[img] Text
Gita Prastiti Indah Sekar W_051211060_LAMPIRAN DEPAN - Gita Prastiti Indah Sekar Widyasmoro.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Gita Prastiti Indah Sekar W_051211060_BAB_I - Gita Prastiti Indah Sekar Widyasmoro.pdf

Download (102kB)
[img] Text
Gita Prastiti Indah Sekar W_051211060_BAB_II - Gita Prastiti Indah Sekar Widyasmoro.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB) | Request a copy
[img] Text
Gita Prastiti Indah Sekar W_051211060_BAB_III - Gita Prastiti Indah Sekar Widyasmoro.pdf

Download (456kB)
[img] Text
Gita Prastiti Indah Sekar W_051211060_BAB_IV - Gita Prastiti Indah Sekar Widyasmoro.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB) | Request a copy
[img] Text
Gita Prastiti Indah Sekar W_051211060_BAB_V - Gita Prastiti Indah Sekar Widyasmoro.pdf

Download (88kB)
[img] Text
Gita Prastiti Indah Sekar W_051211060_DAFTAR PUSTAKA - Gita Prastiti Indah Sekar Widyasmoro.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB) | Request a copy
[img] Text
Gita Prastiti Indah Sekar W_051211060_LembarKonsul - Gita Prastiti Indah Sekar Widyasmoro.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Gita Prastiti Indah Sekar W_051211060_LAMPIRAN BELAKANG - Gita Prastiti Indah Sekar Widyasmoro.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
Gita Prastiti Indah Sekar Widyasmoro_051211060_Fulltext - Gita Prastiti Indah Sekar Widyasmoro.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
Gita Prastiti Indah Sekar Widyasmoro_051211060_Fulltext - Gita Prastiti Indah Sekar Widyasmoro.docx
Restricted to Registered users only

Download (30MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang: Pelayanan kefarmasian kini berorientasi pada pasien melalui konsep Pharmaceutical care. Apoteker komunitas berperan dalam membangun harapan, pandangan, dan kebutuhan masyarakat terhadap layanan kefarmasian. Tujuan: Menganalisis harapan, pandangan, dan kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan di Apotek Karunia Sehat Baru Kabupaten Semarang guna meningkatkan kualitas layanan. Metode: Penelitian ini bersifat kuantitatif non- eksperimental dengan desain deskriptif dan pendekatan cross-sectional. Sampel terdiri dari 92 responden yang dipilih melalui purposive sampling. Instrumen penelitian berupa kuesioner dengan skala likert dan data dianalisis secara deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Apotek Karunia Sehat Baru Kabupaten Semarang. Hasil: Mayoritas responden berusia 45-55 tahun (28,3%) dan didominasi oleh perempuan (54,3%). Sebanyak 81,5% responden membeli obat tanpa resep. Hasil menunjukkan 57,6% responden memiliki harapan tinggi terhadap pelayanan apoteker dalam edukasi penggunaan obat, dengan skor 93,48%. Mayoritas responden (90,2%) memiliki pandangan sangat positif terhadap layanan apoteker. Kebutuhan utama masyarakat meliputi informasi penggunaan obat (85,9%), konsultasi penyakit ringan (81,5%), pemeriksaan kesehatan dan manajemen terapi obat (50%), serta layanan tambahan seperti saran berhenti merokok (27,2%), diet sehat (20,7%), pencatatan medis (17,4%), komunikasi dengan dokter (7,6%), dan imunisasi (3,3%). Kesimpulan: Konsumen Apotek Karunia Sehat Baru memiliki harapan tinggi terhadap pelayanan apoteker komunitas serta pandangan yang sangat positif. Mayoritas Konsumen membutuhkan layanan informasi mengenai obat-obatan. Kata kunci : Pelayanan Kefarmasian, Apotek Komunitas, Peran apoteker

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIDNEmail
Thesis advisorHati, Anita Kumalanidn0604108601library@unw.ac.id
Keywords: Pelayanan Kefarmasian, Apotek Komunitas, Peran apoteker, Gita Prastiti Indah Sekar Widyasmoro 051211060
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
User Id: UPT Perpustakaan 6
Date Deposited: 05 Jun 2025 02:22
Last Modified: 05 Jun 2025 02:22
URI: http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/5123

Actions (login required)

View Item View Item