Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Farmasi Di Unit Rawat Jalan Rumah Sakit Dr.Asmir Salatiga

Fahik, Pasquila (2025) Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Farmasi Di Unit Rawat Jalan Rumah Sakit Dr.Asmir Salatiga. S1 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.

[img] Text
Pasquila Fahik_051211034_Artikel - Pasquila Fahik.docx
Restricted to Registered users only

Download (861kB) | Request a copy
[img] Text
Pasquila Fahik_051211034_Artikel - Pasquila Fahik.pdf
Restricted to Registered users only

Download (996kB) | Request a copy
[img] Text
Pasquila Fahik_051211034_Pengesahanartik - Pasquila Fahik.pdf

Download (181kB)
[img] Text
Pasquila Fahik_051211034_Lampirandepan - Pasquila Fahik.pdf

Download (679kB)
[img] Text
Pasquila Fahik_051211034_Abstrak - Pasquila Fahik.pdf

Download (162kB)
[img] Text
pasquila Fahik_051211034_Halamanjudul - Pasquila Fahik.pdf

Download (136kB)
[img] Text
Pasquila Fahik_051211034_BAB I - Pasquila Fahik.pdf

Download (175kB)
[img] Text
Pasquila Fahik_051211034_BAB_II - Pasquila Fahik.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB) | Request a copy
[img] Text
Pasquila Fahik_051211034_BAB_III - Pasquila Fahik.pdf

Download (273kB)
[img] Text
Pasquila Fahik_051211034_BAB_IV - Pasquila Fahik.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[img] Text
Pasquila Fahik_051211034_BAB_V - Pasquila Fahik.pdf

Download (111kB)
[img] Text
Pasquila Fahik_051211034_Daftarpustaka - Pasquila Fahik.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB) | Request a copy
[img] Text
Pasquila Fahik_051211034_Lembarkonsul - Pasquila Fahik.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pasquila Fahik_051211034_Lampiranbelakang - Pasquila Fahik.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
Pasquila Fahik_051211034_Fulltext - Pasquila Fahik.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
Pasquila Fahik_051211034_Fulltext - Pasquila Fahik.docx
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang: Pelayanan farmasi di rumah sakit merupakan aspek penting dalam meningkatkan kepuasan pasien. Salah satu faktor utama yang berpengaruh adalah waktu tunggu pelayanan farmasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan farmasi di Unit Rawat Jalan Rumah Sakit dr. Asmir Salatiga. Metode: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain cross-sectional. Sampel penelitian adalah 100 pasien rawat jalan yang menerima pelayanan farmasi di rumah sakit. Analisis data dilakukan dengan uji statistik chi-square dan korelasi Spearman. Hasil: Berdasarkan penelitian rata-rata waktu tunggu resep Non Racikan yang sesuai standar adalah 11,61 menit dan masih terdapat 3 resep Non racikan yang belum memenuhi standar dengan nilai rata-rata 32 menit, waktu tunggu untuk resep Racikan sudah memenuhi standar denga rata-rata nilai yaitu 29,25 menit dan tingkat kepuasan pasien berdasarkan kelima dimensi layanan yaitu keandalan (Reliablity), ketanggapan (Responsiveness), Jaminan (Assurance), Perhatian (Empaty) dan Bukti Fisik (Tangible) termasuk dalam kategori sangat puas dengan nilai indeks yang tinggi dengan nilai rata-rata sebesar 94,41% yang dilakukan dengan analisis uji Chi square diperoleh nilai sig/ρ sebesar 0,000 < 0,05. Simpulan: Tingkat pelayanan farmasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien di Rumah Sakit dr.Asmir Salatiga Kata Kunci : Pelayanan Farmasi, Kepuasan Pasien, Waktu Tunggu, Rumah Sakit

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIDNEmail
Thesis advisorDyahariesti, Nikennidn0609118702library@unw.ac.id
Keywords: Pelayanan Farmasi, Kepuasan Pasien, Waktu Tunggu, Rumah Sakit,Pasquila Fahik 051211034
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas UNW > S1 Farmasi
User Id: UPT Perpustakaan 6
Date Deposited: 05 Jun 2025 01:43
Last Modified: 05 Jun 2025 01:43
URI: http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/5113

Actions (login required)

View Item View Item