PERBEDAAN PENGETAHUAN TENTANG PENYAKIT DEGENERATIF PADA REMAJA PUTRI DENGAN METODE PEER SUPPORT DI SMA N 2 SEMARANG TAHUN 2019

Swasono, Maulyda Anindyawati (2019) PERBEDAAN PENGETAHUAN TENTANG PENYAKIT DEGENERATIF PADA REMAJA PUTRI DENGAN METODE PEER SUPPORT DI SMA N 2 SEMARANG TAHUN 2019. D4 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.

[img] Text
artikel.pdf

Download (425kB)
[img] Text
PERBEDAAN PENGETAHUAN TENTANG PENYAKIT DEGENERATIF PADA REMAJA PUTRI DENGAN METODE PEER SUPPORT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

degeneratif yang kini mulai menyerang berbagai golongan umur. Dalam upaya pencegahan penyakit tersebut, strategi peer supportdapat memberikan dukungan praktis dan emosional untuk kebiasaan secara kompleks yang penting untuk tetap sehat, serta membantu individu mengatasi berbagai stresor dalam keseharian. Dalam studi pendahuluan yang dilaksanakan di SMA N 2 Semarang, ditemukan bahwa sebagian besar responden masih berpengetahuan rendah tentang penyakit degeneratif dan keseluruhan siswi mengatakan belum pernah ada penyuluhan atau konseling terkait penyakit degeneratif. Tujuan : Penelitian ini untuk mengetahui perbedaan tingkat pengetahuan pada remaja putri sebelum dan setelah diberikan pendidikan kesehatan tentang penyakit degeneratif dengan metode peer support. Metode Penelitian :Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment dengan rancangan One Group Pre-test Post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah siswi anggota ekstrakurikuler PMR dan Dewan Ambalan yang berjumlah 42 siswi, dengan 7 orang sebagai peer sehingga populasi dan sample dalam penelitian ini berjumlah 35 orang, yang terdiri dari 15 anggota PMR dan 20 anggota Dewan Ambalan. Teknik sampel yang digunakan adalah total sampling. Hasil : Hasil uji Wilcoxon didapatkan nilai Z hitung sebesar -5,030 dengan p – value sebesar (0,000). Hasil tersebut menunjukkan adanya perbedaan tingkat pengetahuan sebelum dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan tentang penyakit degeneratif dengan metode peer support. Simpulan :Terdapat perbedaan tingkat pengetahuan pada remaja putri di SMA N 2 Semarang pada sebelum dan setelah dilakukan pemberian pendidikan kesehatan dengan metode peer support Saran :Untuk sekolah diharapkan dapat menerapkan metode peer support dalam lingkungan sekolah

Item Type: Thesis (D4)
Contributors:
ContributionContributorsNIDNEmail
UNSPECIFIEDWindayanti, HapsariUNSPECIFIED0628018401
UNSPECIFIEDSusanti, RiniUNSPECIFIED0621098002
Keywords: Remaja, Penyakit Degeneratif, dan Peer Support
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas UNW > S1 Kebidanan
User Id: UPT Perpustakaan UNW 4
Date Deposited: 10 Jan 2020 02:40
Last Modified: 10 Jan 2020 02:40
URI: http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/331

Actions (login required)

View Item View Item