ANALISA HUBUNGAN WAKTU TUNGGU PELAYANAN RESEP DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS JATINEGARA KABUPATEN TEGAL

FALKHATIANA, WILDA and Yuswantina, Richa (2021) ANALISA HUBUNGAN WAKTU TUNGGU PELAYANAN RESEP DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS JATINEGARA KABUPATEN TEGAL. S1 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.

[img] Text
S1_052191103_Halaman Judul - Wilda Falkhatiana.pdf

Download (206kB)
[img] Text
S1_052191103_BAB V - Wilda Falkhatiana.pdf

Download (187kB)
[img] Text
S1_052191103_Daftar Pustaka - Wilda Falkhatiana.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[img] Text
S1_052191103_Lampiran Depan - Wilda Falkhatiana.pdf

Download (710kB)
[img] Text
S1_052191103_BAB IV - Wilda Falkhatiana.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB)
[img] Text
S1_052191103_BAB I - Wilda Falkhatiana.pdf

Download (286kB)
[img] Text
S1_052191103_Abstrak - Wilda Falkhatiana.pdf

Download (271kB)
[img] Text
S1_052191103_BAB III - Wilda Falkhatiana.pdf

Download (822kB)
[img] Text
S1_052191103_Artikel - Wilda Falkhatiana.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB)
[img] Text
S1_052191103_BAB II - Wilda Falkhatiana.pdf
Restricted to Registered users only

Download (612kB)
[img] Text
S1_052191103_Lembar Pengesahan Artikel - Wilda Falkhatiana.pdf

Download (204kB)
[img] Text
S1_052191103_Skripsi Lengkap - Wilda Falkhatiana.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Latar Belakang : Waktu tunggu pelayanan resep dan tingkat kepuasan pasien dalam pelayanan farmasi merupakan beberapa standar indikator evaluasi mutu pelayanan. Analisa waktu tunggu pelayanan resep dan survei tingkat kepuasan pasien dalam pelayanan resep diperlukan untuk mempertahankan dan meningkatkan tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan di Puskesmas. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisa hubungan waktu tunggu pelayanan resep dengan tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Jatinegara Kabupaten Tegal. Metode : Penelitian ini menggunakan desain penelitian berupa observasional dengan pendekatan rancangan cross sectional. Penentuan sampel penelitian menggunakan metode purposive sampling. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa kuesioner dan stopwatch serta untuk mencatat lama waktu tunggu di formulir pencatatan waktu tunggu. Analisis data yang digunakan untuk penelitian ini adalah analisis univariat dan analisis bivariat, serta uji statistik chi-square. Hasil : Berdasarkan Kepmenkes RI No.129/Menkes/SK/II/2008, waktu tunggu resep obat non racik ≤30 menit dan obat racik ≤60 menit, kesesuaian standar waktu tunggu pelayanan resep diperoleh 90 resep (98,90%) dikategorikan sesuai standar dan 1 resep (1,10%) tidak sesuai standar. Sebagian besar responden merasa puas sejumlah 90 responden (98,10%) sedangkan yang merasa cukup puas sebanyak 1 responden (1,10%). Dari hasil analisis uji chi-square waktu tunggu dan tingkat kepuasan pasien diperoleh nilai P Value = 0,011 < 0,05. Simpulan : Terdapat hubungan antara waktu tunggu pelayanan resep dengan tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Jatinegara Kabupaten Tegal. Kata Kunci : Waktu tunggu, Kepuasan pasien

Item Type: Thesis (S1)
Keywords: WILDA FALKHATIANA, Waktu tunggu, Kepuasan pasien
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas UNW > S1 Farmasi
Depositing User: UPT Perpustakaan UNW 1
Date Deposited: 21 Oct 2021 01:50
Last Modified: 21 Oct 2021 01:50
URI: http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/1693

Actions (login required)

View Item View Item