IMPLEMENTASI PEMENUHAN HAK-HAK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI TK INKLUSI FUN AND PLAY KOTA SEMARANG

Yulia Wahyu, Eva and Kartika Dewi, Nufitriani (2021) IMPLEMENTASI PEMENUHAN HAK-HAK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI TK INKLUSI FUN AND PLAY KOTA SEMARANG. S1 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.

[img] Text
S1 PGPAUD_120117A003_ARTIKEL - Rubit Aini.pdf

Download (252kB)
[img] Text
S1 PGPAUD_120117A003_BAB I - Rubit Aini.pdf

Download (96kB)
[img] Text
S1 PGPAUD_120117A003_BAB II - Rubit Aini.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)
[img] Text
S1 PGPAUD_120117A003_BAB III - Rubit Aini.pdf

Download (74kB)
[img] Text
S1 PGPAUD_120117A003_BAB IV - Rubit Aini.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[img] Text
S1 PGPAUD_120117A003_BAB V - Rubit Aini.pdf

Download (29kB)
[img] Text
S1 PGPAUD_120117A003_DAFTAR PUSTAKA - Rubit Aini.pdf
Restricted to Registered users only

Download (39kB)
[img] Text
S1 PGPAUD_120117A003_LAMPIRAN DEPAN - Rubit Aini.pdf

Download (494kB)
[img] Text
S1 PGPAUD_120117A003_SKRIPSI LENGKAP - Rubit Aini.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Anak merupakan generasi penerus bangsa yang perannya sangat penting untuk kemajuan sebuah negara. . Setiap anak mempunyai hak, adapun hak anak menurut Undang-Undang tentang perlindungan anak yang tercantum pada bab 1 pasal 1 ayat 12 menyatakan bahwa hak anak adalah bagian dari hak asasi manusia yang wajib dijamin, dilindungi, dan dipenuhi oleh orang tua, keluarga, masyarakat, pemerintah, dan negara. Undang-undang No. 39 Tahun 1999 Pasal 54 menyatakan bahwa setiap anak yang cacat fisik atau mental berhak memperoleh perawatan, pendidikan, pelatihan dan bantuan atas biaya negara, untuk menjamin kehidupanya sesuai dengan martabat kemanusiaan, meningkatkan rasa percaya diri dan kemampuan berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Dalam bidang pendidikan khususnya pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus tentu ada hak-hak yang harus diperoleh anak di sekolah yaitu berdasarkan pada Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 72 Tahun 1991 tentang Pendidikan Luar Biasa salah satunya di Sekolah Inklusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami bagaimana implementasi pemenuhan hak anak berkebutuhan khusus di Tk Inklusi Fun and Play Kota Semarang, berdasarkan pada Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 72 Tahun 1991 tentang Pendidikan Luar Biasa yang mana ada delapan hak yang harus terpenuhi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus dimana pengumpulan datanya dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi sehingga mampu menggali lebih dalam tentang pemenuhan hak anak berkebutuhan khusus di Tk Inklusi Fun and Play Kota Semarang. Responden dalam penelitian ini yaitu penanggung jawab sekolah dan Pendidik. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menyatakan bahwa secara umum hak ABK telah terpenuhi, karena dari 8 indikator ada 7 indikator yang terpenuhi. Adapun indikator yang belum dapat terpenuhi yaitu hak menyelesaikan program pendidikan lebih awal dari waktu yang ditentukan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords: 120117A003, Implementasi, Hak-Hak Anak Berkebutuhan Khusus, Sekolah Inklusi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas UNW > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
User Id: UPT Perpustakaan UNW 4
Date Deposited: 30 Aug 2021 03:53
Last Modified: 30 Aug 2021 03:53
URI: http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/1506

Actions (login required)

View Item View Item