EVALUASI PROSES PELAYANAN KEFARMASIAN BERDASARKAN WAKTU TUNGGU DI RUMAH SAKIT MENGGUNAKAN METODE VALUE STREAM MAPPING

FIKRI, MAULANA (2020) EVALUASI PROSES PELAYANAN KEFARMASIAN BERDASARKAN WAKTU TUNGGU DI RUMAH SAKIT MENGGUNAKAN METODE VALUE STREAM MAPPING. S1 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.

[img] Text
S1_050218A121_Halaman Judul - Maulana Fikri.pdf

Download (202kB)
[img] Text
S1_050218A121_Lampiran Depan - Maulana Fikri.pdf

Download (1MB)
[img] Text
S1_050218A121_Abstrak - Maulana Fikri.pdf

Download (188kB)
[img] Text
S1_050218A121_BAB I - Maulana Fikri.pdf

Download (302kB)
[img] Text
S1_050218A121_BAB II - Maulana Fikri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB)
[img] Text
S1_050218A121_BAB III - Maulana Fikri.pdf

Download (379kB)
[img] Text
S1_050218A121_BAB IV - Maulana Fikri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (546kB)
[img] Text
S1_050218A121_BAB V - Maulana Fikri.pdf

Download (290kB)
[img] Text
S1_050218A121_Daftar Pustaka - Maulana Fikri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (306kB)
[img] Text
S1_050218A121_Skripsi Lengkap - Maulana Fikri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Salah satu standar minimal pelayanan farmasi di Rumah Sakit adalah waktu tunggu, waktu tunggu harus dievaluasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan kefarmasian di Rumah Sakit agar dapat memberikan kepuasan kepada pasien. Untuk mendapatkan kepuasan pasien, pelayanan resep harus dilakukan dalam waktu yang sesingkat mungkin. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengevaluasi waktu tunggu pelayanan resep dan melihat faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi waktu tunggu pelayanan resep di Rumah Sakit. Metode : Penelitian ini menggunakan metode pendekatan meta analisis. Pengambilan data dengan menggabungkan dua atau lebih penelitian sejenis dengan merajuk pada simpulan umum dari artikel-artikel penelitian sebelumnya sehingga diperoleh paduan data secara kuantitatif. Penelitian ini menggunakan 5 artikel, dengan 2 artikel Internasional terakreditasi, 1 artikel Nasional terakreditasi di Indonesia dan 2 artikel Nasional lainnya. Hasil : Hasil penelitian dari kelima artikel, rata-rata waktu tunggu resep non racikan adalah 60.35 +/- 30.540 menit dan untuk resep racikan adalah 60.29 +/- 22.397 menit. Simpulan : Berdasarkan hasil penelitian waktu tunggu pelayanan resep dari kelima artikel menunjukkan belum semua nya sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal. Faktor-faktor yang mempengaruhi waktu tunggu pelayanan resep di Rumah Sakit antara lain sumber daya manusia yang belum cukup, sarana & prasarana yang kurang, sistem informasi management rumah sakit yang belum terintegrasi, peresepan belum sesuai formularium.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIDNEmail
Thesis advisorDyahariesti, Nikennidn0609118702library@unw.ac.id
Keywords: Waktu tunggu, Pelayanan resep, Metode value stream mapping.
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas UNW > S1 Farmasi
Depositing User: UPT Perpustakaan UNW 2
Date Deposited: 06 Oct 2020 02:08
Last Modified: 09 Nov 2023 02:13
URI: http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/958

Actions (login required)

View Item View Item