Hartini, Mutia and Dyahariesti, Niken and Adi Pramana, Galih (2020) PENGARUH BAURAN PEMASARAN (Marketing Mix) TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN JASA DI RUMAH SAKIT. S1 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.
Text
Abstrak - M.Hardian Noor.pdf Download (91kB) |
|
Text
BAB II - M.Hardian Noor.pdf Restricted to Repository staff only Download (196kB) |
|
Text
BAB III - M.Hardian Noor.pdf Download (230kB) |
|
Text
BAB IV - M.Hardian Noor.pdf Restricted to Repository staff only Download (216kB) |
|
Text
BAB V - M.Hardian Noor.pdf Download (84kB) |
|
Text
Daftar Pustaka - M.Hardian Noor.pdf Restricted to Repository staff only Download (165kB) |
|
Text
Lampiran Depan - M.Hardian Noor.pdf Download (895kB) |
|
Text
S1_050218A144_SKRIPSI LENGKAP - M.Hardian Noor.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Latar Belakang : Di dalam memberikan pelayanan, rumah sakit dapat berperilaku sebagai organisasi bisnis maupun non-bisnis. Hal ini disebabkan bahwa di dalam memberikan pelayanan, rumah sakit dapat mencari laba secukupnya untuk dapat bertahan dan bersaing serta memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen. Bauran pemasaran merupakan salah satu komponen dari strategi pemasaran. Bauran pemasaran pada umumnya mencakup 4 komponen, yaitu : produk/product, harga/price, tempat/place, dan promosi/promotion. Keempat komponen ini sangat berperan terutama pada keadaan persaingan yang semakin dinamis maupun perkembangan bisnis terhadap permintaan barang. Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan gambaran tentang bauran pemasaran terhadap keputusan menggunakan jasa di Rumah Sakit serta mendapatkan gambaran tentang hubungan strategi bauran pemasaran (marketing mix) terhadap 4 faktor seperti disebutkan diatas yang mempengaruhi konsumen dalam mengambil keputusan. Metode : Desain penelitian ini menggunakan kajian artikel dan penelitian ini di lakukan dengan pengambilan kesimpulan serta penggabungan hasil penelitian dari 5 jurnal yang terindeks tentang bauran pemasaran di Rumah Sakit. Hasil : Mengacu pada kelima artikel tersebut diketahui metode yang digunakan sudah relevan dengan tujuan penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 4 faktor tersebut diatas memberikan berpengaruh yang beragam mulai dari sangat berpengaruh hingga kurang berpengaruh pada pengambilan putusan. Aspek produk dan harga menjadi hal utama yang diperhatikan karena dapat mempengaruhi tingkat kepuasan dan keputusan dari konsumen. Simpulan : Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam review artikel, didapatkan penggunaan strategi bauran pemasaran sangat berpengaruh terhadap pengambilan keputusan pasien untuk menggunakan pelayanan atau jasa di Rumah Sakit. Hal ini membuktikan bahwa dari semua faktor yang disebutkan, ternyata faktor harga yang mempengaruhi konsumen dalam mengambil keputusan menggunakan jasa di Rumah Sakit.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords: | Marketing mix., Rumah Sakit, Keputusan Pasien |
Subjects: | R Medicine > RS Pharmacy and materia medica |
Divisions: | Fakultas UNW > S1 Farmasi |
User Id: | UPT Perpustakaan UNW 4 |
Date Deposited: | 05 Oct 2020 04:19 |
Last Modified: | 05 Oct 2020 04:19 |
URI: | http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/944 |
Actions (login required)
View Item |