ASUHAN KEBIDANAN PADA IBU BERSALIN NORMAL PADA NY. S G4P3A0 UMUR 35 TAHUN, UMUR KEHAMILAN 38 MINGGU DENGAN TEHNIK METODE MUROTTAL UNTUK PENGURANGAN NYERI PERSALINAN KALA I FASE AKTIF DI KLINIK RB RAHAYU

SULISTYONINGRUM, FITRI (2018) ASUHAN KEBIDANAN PADA IBU BERSALIN NORMAL PADA NY. S G4P3A0 UMUR 35 TAHUN, UMUR KEHAMILAN 38 MINGGU DENGAN TEHNIK METODE MUROTTAL UNTUK PENGURANGAN NYERI PERSALINAN KALA I FASE AKTIF DI KLINIK RB RAHAYU. D3 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
ARTIKEL FITRI SULIS.pdf

Download (350kB)

Abstract

Nyeri persalinan merupakan nyeri yang berasal dari gerakan (kontraksi) Rahim yang bersifat subyektif, ritmik dengan peningkatan frekuensi dan keparahan yang digunakan untuk mengeluarkan bayi. Salah satu upaya untuk mengurangi adalah tehnik metode murottal. Relaksasi ini dilakukan dengan mendengarkan lantunan murottal ar-Rohman. Tujuan :mampu melaksanakan asuhan kebidanan dan manajemen kebidanan pada Ny.S umur 35 tahun G4P3A0 kala 1 fase aktif dengan metode tehnik murottal di Klinik RB Rahayu , menggunakan manajemen 7 langkah varney. Metode : metode penulisan yang digunakan penulis dengan mengumpulkan data dengan cara wawancara, pemeriksaan fisik, observasi, dan studi kepustakaan. Hasil : Asuhan pada Ny.S setelah dilakukan pengkajian dari awal ibu dating diruang bersalin sebelum dilakukan tehnik metode murottal skala nyeri yang dialami ibu diangka 6,setelah dilakukan tehnik metode murottal skala nyeri yang dialami ibu turun di angka 5, sampai bayi lahir pada tanggal 7 februari 2018. Evaluasi hasil yang diperoleh setelah dilakukan asuhan kebidanan pada iu dan bayi tidak terjadi komplikasi selama persalinan. TD 120/70 mmHg, suhu 36,5°C ,BB :2200 gram, PB 41 cm,LK 31 cm,LD 30 cm, Lila 9,5 cm. Kesimpulan : Diharapkan tenaga kesehatan terus berperan aktif dalam memberi pelayanan kebidanan yang berkualitas kepada ibu bersalin dan bisa diterapkan tehnik metode murottal untuk penurunan nyeri yang dialami ibu bersalin.

Item Type: Thesis (D3)
Keywords: Ibu bersalin kala I fase aktif tehnik ,metode murottal
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas UNW > D3 Kebidanan
Depositing User: UPT Perpustakaan UNW 2
Date Deposited: 20 Feb 2020 03:21
Last Modified: 20 Feb 2020 03:21
URI: http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/543

Actions (login required)

View Item View Item