PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) BERBANTUAN ENGKLEK EDUFLEX TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS V SD”

YULFANI, SISWI (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) BERBANTUAN ENGKLEK EDUFLEX TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS V SD”. S1 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.

[img] Text
Siswi Yulfani_131211010_halamanjudul - siswi yulfani.pdf

Download (74kB)
[img] Text
Siswi Yulfani_131211010_pengesahanartikel - siswi yulfani.pdf

Download (362kB)
[img] Text
Siswi Yulfani_131211010_lampirandepan - siswi yulfani.pdf

Download (772kB)
[img] Text
Siswi Yulfani_131211010_abstrakpdf - siswi yulfani.pdf

Download (206kB)
[img] Text
Siswi Yulfani_131211010_artikeldoc - siswi yulfani.docx
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy
[img] Text
Siswi Yulfani_131211010_artikelpdf - siswi yulfani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB) | Request a copy
[img] Text
Siswi Yulfani_131211010_bab_V - siswi yulfani.pdf

Download (156kB)
[img] Text
Siswi Yulfani_131211010_bab_I - siswi yulfani.pdf

Download (411kB)
[img] Text
Siswi Yulfani_131211010_bab_III - siswi yulfani.pdf

Download (444kB)
[img] Text
Siswi Yulfani_131211010_daftarpustaka - siswi yulfani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text
Siswi Yulfani_131211010_lampiranbelakang - siswi yulfani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
Siswi Yulfani_131211010_lembarkonsul - siswi yulfani.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Siswi Yulfani_131211010_fulltextpdf - siswi yulfani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
Siswi Yulfani_131211010_fulltextdoc - siswi yulfani.doc
Restricted to Registered users only

Download (25MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini didasarkan pada permasalahan rendahnya pemahaman konsep siswa yang terlihat dari hasil studi pendahuluan di SD Negeri Banyukuning dan SD Negeri Candi 01. Rata-rata pemahaman konsep siswa hanya mencapai 19,64%, jauh di bawah Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) sebesar 60%. Selain itu, hasil observasi menunjukkan rendahnya indikator pemahaman siswa dalam menyajikan konsep matematis (13,59%) dan mengklasifikasikan objek berdasarkan konsep (12,73%). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi-eksperimen, melibatkan siswa kelas 5 SD Negeri Banyukuning sebagai kelompok eksperimen dan SD Negeri Candi 01 sebagai kelompok kontrol. Data dikumpulkan melalui tes (Pre-test dan Post-test) serta metode non-tes berupa observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kontrol. Nilai rata-rata Post-test kelompok eksperimen (76%) lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol (69%). Analisis uji Independent Sample T-Test menghasilkan nilai signifikansi 0,001 (<0,05), yang mengindikasikan bahwa penggunaan model pembelajaran TGT berbantuan Engklek Eduflex memberikan pengaruh signifikan terhadap pemahaman konsep siswa. Hasil uji regresi linier sederhana menunjukkan bahwa model pembelajaran TGT berbantuan Engklek Eduflex memiliki pengaruh sebesar 33,5% terhadap pemahaman konsep siswa dengan nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,335 dan korelasi (R) sebesar 0,579. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran TGT berbantuan Engklek Eduflex efektif meningkatkan pemahaman konsep siswa dibandingkan dengan pembelajaran TGT tanpa media. Hasil penelitian ini merekomendasikan penggunaan model pembelajaran inovatif berbasis permainan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) berbantuan Engklek Eduflex terhadap pemahaman konsep siswa kelas 5 sekolah dasar. Kata Kunci: Team Games Tournament, Engklek Eduflex, Pemahaman Konsep

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIDNEmail
Thesis advisorVirdinarti Putra, LisaNIDN0606088901library@unw.ac.id
Keywords: Team Games Tournament, Engklek Eduflex, Pemahaman Konsep, SISWI YULFANI, 131211010
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas UNW > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
User Id: UPT Perpustakaan UNW 3
Date Deposited: 03 Jun 2025 07:36
Last Modified: 03 Jun 2025 07:36
URI: http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/5011

Actions (login required)

View Item View Item