YULFANI, SISWI (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) BERBANTUAN ENGKLEK EDUFLEX TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS V SD”. S1 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.
![]() |
Text
Siswi Yulfani_131211010_halamanjudul - siswi yulfani.pdf Download (74kB) |
![]() |
Text
Siswi Yulfani_131211010_pengesahanartikel - siswi yulfani.pdf Download (362kB) |
![]() |
Text
Siswi Yulfani_131211010_lampirandepan - siswi yulfani.pdf Download (772kB) |
![]() |
Text
Siswi Yulfani_131211010_abstrakpdf - siswi yulfani.pdf Download (206kB) |
![]() |
Text
Siswi Yulfani_131211010_artikeldoc - siswi yulfani.docx Restricted to Registered users only Download (252kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Siswi Yulfani_131211010_artikelpdf - siswi yulfani.pdf Restricted to Registered users only Download (443kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Siswi Yulfani_131211010_bab_V - siswi yulfani.pdf Download (156kB) |
![]() |
Text
Siswi Yulfani_131211010_bab_I - siswi yulfani.pdf Download (411kB) |
![]() |
Text
Siswi Yulfani_131211010_bab_III - siswi yulfani.pdf Download (444kB) |
![]() |
Text
Siswi Yulfani_131211010_daftarpustaka - siswi yulfani.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Siswi Yulfani_131211010_lampiranbelakang - siswi yulfani.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Siswi Yulfani_131211010_lembarkonsul - siswi yulfani.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Siswi Yulfani_131211010_fulltextpdf - siswi yulfani.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Siswi Yulfani_131211010_fulltextdoc - siswi yulfani.doc Restricted to Registered users only Download (25MB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang penelitian ini didasarkan pada permasalahan rendahnya pemahaman konsep siswa yang terlihat dari hasil studi pendahuluan di SD Negeri Banyukuning dan SD Negeri Candi 01. Rata-rata pemahaman konsep siswa hanya mencapai 19,64%, jauh di bawah Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) sebesar 60%. Selain itu, hasil observasi menunjukkan rendahnya indikator pemahaman siswa dalam menyajikan konsep matematis (13,59%) dan mengklasifikasikan objek berdasarkan konsep (12,73%). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi-eksperimen, melibatkan siswa kelas 5 SD Negeri Banyukuning sebagai kelompok eksperimen dan SD Negeri Candi 01 sebagai kelompok kontrol. Data dikumpulkan melalui tes (Pre-test dan Post-test) serta metode non-tes berupa observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kontrol. Nilai rata-rata Post-test kelompok eksperimen (76%) lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol (69%). Analisis uji Independent Sample T-Test menghasilkan nilai signifikansi 0,001 (<0,05), yang mengindikasikan bahwa penggunaan model pembelajaran TGT berbantuan Engklek Eduflex memberikan pengaruh signifikan terhadap pemahaman konsep siswa. Hasil uji regresi linier sederhana menunjukkan bahwa model pembelajaran TGT berbantuan Engklek Eduflex memiliki pengaruh sebesar 33,5% terhadap pemahaman konsep siswa dengan nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,335 dan korelasi (R) sebesar 0,579. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran TGT berbantuan Engklek Eduflex efektif meningkatkan pemahaman konsep siswa dibandingkan dengan pembelajaran TGT tanpa media. Hasil penelitian ini merekomendasikan penggunaan model pembelajaran inovatif berbasis permainan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) berbantuan Engklek Eduflex terhadap pemahaman konsep siswa kelas 5 sekolah dasar. Kata Kunci: Team Games Tournament, Engklek Eduflex, Pemahaman Konsep
Item Type: | Thesis (S1) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Keywords: | Team Games Tournament, Engklek Eduflex, Pemahaman Konsep, SISWI YULFANI, 131211010 | ||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas UNW > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||
User Id: | UPT Perpustakaan UNW 3 | ||||||||
Date Deposited: | 03 Jun 2025 07:36 | ||||||||
Last Modified: | 03 Jun 2025 07:36 | ||||||||
URI: | http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/5011 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |