Rosalyta, Adella (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Poe (Predict-Observeexplain) Berbantuan Media Gerugi (Gerak Perubahan Energi) Terhadap Pemahaman Konsep Ipa Tentang Energi Pada Siswa Kelas Iv. S1 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.
Text
ARTIKEL ADELLA - Adella Rosalyta.pdf Restricted to Registered users only Download (256kB) | Request a copy |
|
Text
ARTIKEL ADELLA - Adella Rosalyta.docx Restricted to Registered users only Download (61kB) | Request a copy |
|
Text
Pengesahan artikel - Adella Rosalyta.pdf Download (451kB) |
|
Text
lampiran depan (cover-daftar isi) - Adella Rosalyta.pdf Download (718kB) |
|
Text
Abstrak - Adella Rosalyta.pdf Download (33kB) |
|
Text
halaman judul - Adella Rosalyta.pdf Download (156kB) |
|
Text
BAB I - Adella Rosalyta.pdf Download (172kB) |
|
Text
BAB II - Adella Rosalyta.pdf Restricted to Registered users only Download (311kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III - Adella Rosalyta.pdf Download (261kB) |
|
Text
BAB IV - Adella Rosalyta.pdf Restricted to Registered users only Download (144kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V - Adella Rosalyta.pdf Download (33kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA - Adella Rosalyta.pdf Restricted to Registered users only Download (112kB) | Request a copy |
|
Text
Bimbingan skripsi - Adella Rosalyta.pdf Download (2MB) |
|
Text
lampiran skripsi - Adella Rosalyta.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) | Request a copy |
|
Text
Skripsi full_Adella Rosalyta (fiks 29072024) - Adella Rosalyta.pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) | Request a copy |
|
Text
Skripsi full_Adella Rosalyta (fiks 29072024) - Adella Rosalyta.docx Restricted to Registered users only Download (36MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Poe (Predict-Observe-Explain) Berbantuan Media Gerugi (Gerak Perubahan Energi) Terhadap Pemahaman Konsep IPA Tentang Energi Pada Siswa Kelas IV. Berdasarkan observasi yang telah dilaksanakan di SDN Jepat Lor 01 terdapat permasalahan dalam pembelajaran. yaitu dalam mata pelajaran IPA yang mana merupakan salah satu mata pelajaran yang kurang dipahami oleh siswa. Pada mata pelajaran IPA akan kurang maksimal jika pembelajaran kepada siswa hanya diberikan melalui penjelasan semata karena akan mempengaruhi hasil belajar siswa.. Hal ini mampu menyebabkan siswa mengalami kesulitan bahkan sebagian siswa akan bosan atau jenuh dalam mengikuti proses pembelajaran yang akan mempengaruhi hasil belajar. Rendahnya kemampuan pemahaman konsep siswa kelas IV dibuktikan dengan hasil studi pendahuluan untuk kelas IVA 26,71% dan IVB 29,71%. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Jepat Lor. Sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah kelas IVA dan IVB SDN Jepat Lor. Teknik pengumpulan data adalah teknik tes dan non tes. Teknik tes menggunakan pretest dan posttest sedangkan teknik non tes menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji independent sample t-test, dan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Mengetahui perbedaan pemahaman konsep siswa melalui penggunaan model pembelajaran predict observe explain berbantuan media gerugi, dengan nilai signifikansi 0,006 < 0,05, (2) Mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran predict observe explain berbantuan media gerugi terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa, dengan nilai signifikansi 0,000 dan 0,014 < 0,05. Kata Kunci: Poe (Predict-Observe-Explain), Gerugi, Pemahaman Konsep
Item Type: | Thesis (S1) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Keywords: | Poe (Predict-Observe-Explain), Gerugi, Pemahaman Konsep, Adella Rosalyta 131191009 | ||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas UNW > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||
User Id: | UPT Perpustakaan 6 | ||||||||
Date Deposited: | 12 Nov 2024 01:17 | ||||||||
Last Modified: | 12 Nov 2024 01:17 | ||||||||
URI: | http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/4777 |
Actions (login required)
View Item |