EFEKTIFITAS PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP MOTIVASI DALAM MELAKUKAN SADARI PADA WANITA USIA SUBUR DI KELURAHAN GILING KECAMATAN PABELAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2019

Aulia, Putri Lestari (2019) EFEKTIFITAS PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP MOTIVASI DALAM MELAKUKAN SADARI PADA WANITA USIA SUBUR DI KELURAHAN GILING KECAMATAN PABELAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2019. D4 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (273kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (772kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (138kB)
[img] Text
BAB I SAMPAI BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB)

Abstract

Latar Belakang : Berdasarkan data Globocan, IARC (2018), didapatkan kanker payudara penyebab utama kematian. Kasus kematian karena kanker payudara 627.000 kematian dan lebih dari setengah kematian terjadi di Asia mencakup 60 % populasi dunia. Di Indonesia prevelensi penyakit kanker tinggi. Kanker payudara dapat di deteksi dini dengan SADARI. Salah satu faktor yang mempengaruhi motivasi adalah informasi dan pengetahuan. Pengetahuan dapat diperoleh melalui pendidikan kesehatan guna meningkatkan motivasi wanita usia subur. Tujuan :Mengetahui efektivitas pendidikan kesehatan terhadap motivasi WUS dalam melakukan SADARI di Kelurahan Giling Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang Metode: Penelitian ini menggunakan desain one group pretest posttest design. Populasi penelitian seluruh WUS yang berusia 20-45 tahun di Kelurahan Giling kecamatan pabelan kabupaten semarang berjumlah 285 orang. Pengambilan sampel menggunakan proporsional random sampling. Sampel yang digunakan yaitu 14 responden. Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner berjumlah 18 pertanyaan. Data diolah menggunakan uji Paired t-test setelah seblumnya dilakukan uji normalitas menggunakan uji saphiro wilk. Hasil : Data yang diperoleh dilakukan uji t-test dengan hasil nilai p =0,000 < α (0,05) dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi sebelum dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan tentang pemeriksaaan payudara sendiri pada WUS. Simpulan :Pendidikan kesehatan efektif meningkatkan motivasi WUS tentang pemeriksaan payudara sendiri.

Item Type: Thesis (D4)
Keywords: Pendidikan kesehatan, Motivasi, Wanita Usia Subur, SADARI
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas UNW > D4/ S1 Kebidanan
Depositing User: UPT Perpustakaan UNW 4
Date Deposited: 03 Feb 2020 03:37
Last Modified: 03 Feb 2020 03:37
URI: http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/422

Actions (login required)

View Item View Item