HUBUNGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI WILAYAH KERJA UPTD PUSKESMAS LEYANGAN KABUPATEN SEMARANG

Lesrianti, Trifonia (2023) HUBUNGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI WILAYAH KERJA UPTD PUSKESMAS LEYANGAN KABUPATEN SEMARANG. S1 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.

[img] Text
ARTIKEL NIA NEW - Trifonia Lesrianti.docx
Restricted to Registered users only

Download (119kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN - Trifonia Lesrianti.pdf

Download (71kB)
[img] Text
LAMPIRAN DEPAN - Trifonia Lesrianti.pdf

Download (352kB)
[img] Text
ABSTRAK PDF - Trifonia Lesrianti.pdf

Download (136kB)
[img] Text
BAB I - Trifonia Lesrianti.pdf

Download (120kB)
[img] Text
BAB III - Trifonia Lesrianti.pdf

Download (266kB)
[img] Text
BAB V - Trifonia Lesrianti.pdf

Download (86kB)
[img] Text
SKRIPSI FIX TRIFONIA - Trifonia Lesrianti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
LEMBAR KONSULTASI - Trifonia Lesrianti.pdf

Download (176kB)
[img] Text
SKRIPSI FIX TRIFONIA - Trifonia Lesrianti.docx
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Salah satu unsur penilaian pasien terhadap pelayanan yang diberikan adalah komunikasi, karena komunikasi mempunyai perana yang besar dalam kepuasan pasien. Komunikasi yang dilakukan secara terapeutik akan banyak menghindari resiko yang tidak perlu terjadi dan akan membuat pasien merasa lebih nyaman dan puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh tenaga kesehatan Tujuan : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan komunikasi terapeutik dengan kepuasan pasien di wilayah kerja UPTD Puskesmas Leyangan Kabupaten Semarang. Metode : Desain penelitian yang digunakan yaitu deskriptif korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi keseluruhan berjumlah 2215 warga dengan sampel berjumlah 92 responden. Pengambilan sampel dengan quota sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pengujian dilakukan dengan uji Univariat. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepuasan pasien sebagian besar disebabkan oleh komunikasi terapeutik perawat yang baik yaitu sebesar 74 responden (92,5%) dan yang disebabkan komunikasi terapeutik kurang baik yaitu sebesar 6 responden (50,0%). Ada hubungan yang signifikan antara komunikasi terapeutik dengan kepuasan pasien di wilayah kerja UPTD Puskesmas Leyangan Kabupaten Semarang dilihat dari nilai ρ-value yang didapatkan yaitu ρ=0,000 < α=0,05. Kesimpulan: Penelitian ini diharapkan bisa meningkatkan kinerja seorang perawat terutama dalam berkomunikasi dan sebagai profesi perawat tetap harus memberikan pelayanan kepada pasien dalam kondisi apapun dan tanpa membeda- bedakan status seorang pasien.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIDNEmail
Thesis advisorSaparwati, Monanidn0628127901library@unw.ac.id
Keywords: Komunikasi Terapeutik, Kepuasan Pasien, Masyarakat,Trifonia Lesrianti 013212001
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas > S1 Keperawatan
User Id: UPT Perpustakaan UNW 2
Date Deposited: 29 Apr 2024 03:24
Last Modified: 29 Apr 2024 03:24
URI: http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/4184

Actions (login required)

View Item View Item