PERSEPSI PASIEN TERHADAP PENGGUNAAN PERESEPAN ELEKTRONIK DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT ROEMANI MUHAMMADIYAH SEMARANG TAHUN 2023

Estika, Rindhi (2023) PERSEPSI PASIEN TERHADAP PENGGUNAAN PERESEPAN ELEKTRONIK DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT ROEMANI MUHAMMADIYAH SEMARANG TAHUN 2023. S1 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.

[img] Text
ARTIKEL_RINDHI ESTIKA - Rindhi Estika.docx
Restricted to Registered users only

Download (722kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN_RINDHI ESTIKA - Rindhi Estika.pdf

Download (553kB)
[img] Text
LAMPIRAN DEPAN_RINDHI ESTIKA - Rindhi Estika.pdf

Download (633kB)
[img] Text
ABSTRAK_RINDHI ESTIKA - Rindhi Estika.pdf

Download (201kB)
[img] Text
BAB I_RINDHI ESTIKA - Rindhi Estika.pdf

Download (211kB)
[img] Text
BAB III_RINDHI ESTIKA - Rindhi Estika.pdf

Download (316kB)
[img] Text
BAB V_RINDHI ESTIKA - Rindhi Estika.pdf

Download (134kB)
[img] Text
LEMBAR KONSULTASI_RINDHI ESTIKA - Rindhi Estika.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT_RINDHI ESTIKA - Rindhi Estika.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI FULL_RINDHI ESTIKA - Rindhi Estika.docx
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Sistem rekam medis elektronik di rumah sakit memunculkan ide peresepan elektronik yang dirancang untuk mengurangi kesalahan dalam proses peresepan dan memberikan efisiensi bagi pasien dan penyedia layanan. Manfaat dan resiko dari peresepan elektronik telah banyak dibahas dalam berbagai literatur, namun persepsi pasien mengenai peresepan elektronik hingga saat ini masih belum banyak mendapat perhatian. Penting untuk diketahui persepsi pasien agar mengevaluasi kualitas pelayanan kesehatan dengan penggunaan peresepan elektronik. Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi persepsi pasien terhadap penggunan peresepan elektronik di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Roemani Muhammadiyah Semarang Tahun 2023. Metode: Metode penelitian ini deskriptif kuantitatif dengan desain cross sectional. Pengambilan data secara prospektif dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden menggunakan kuesioner yang telah dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Persepsi pasien dibagi menjadi 2 kategori yaitu baik (>60%) dan tidak baik (<60%). Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentase pada indikator manfaat peresepan elektronik yaitu kategori baik (71,5%) dan pada indikator penilaian tentang peresepan elektronik yaitu kategori baik (74,12%). Persepsi pasien terhadap peresepan elektronik pada kategori baik yaitu sebesar 95% dan kategori tidak baik yaitu 5%. Simpulan: Persepsi pasien terhadap peresepan elektronik di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Roemani Muhammadiyah Semarang tahun 2023 dikategorikan dalam kategori baik dengan persentase sebesar 95%.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIDNEmail
Thesis advisorDyahariesti, Nikennidn0609118702library@unw.ac.id
Keywords: persepsi, pasien, resep elektronik,Rindhi Estika 052211053
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas UNW > S1 Farmasi
User Id: UPT Perpustakaan UNW 2
Date Deposited: 16 Jan 2024 06:57
Last Modified: 16 Jan 2024 06:57
URI: http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/3676

Actions (login required)

View Item View Item