HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KEBIDANAN DENGAN KEPUASAN PASIEN BERSALIN DI PUSKESMAS PEMBANTU DESA PASEKAN KECAMATAN AMBARAWA KABUPATEN SEMARANG

Fatonah, Nabila Nurlaila (2023) HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KEBIDANAN DENGAN KEPUASAN PASIEN BERSALIN DI PUSKESMAS PEMBANTU DESA PASEKAN KECAMATAN AMBARAWA KABUPATEN SEMARANG. S1 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.

[img] Text
ABSTRAK NABILA - NABILA NURLAILA.pdf

Download (270kB)
[img] Text
BAB I NABILA - NABILA NURLAILA.pdf

Download (278kB)
[img] Text
BAB III NABILA - NABILA NURLAILA.pdf

Download (302kB)
[img] Text
BAB V NABILA - NABILA NURLAILA.pdf

Download (253kB)
[img] Text
LAMPIRAN DEPAN NABILA - NABILA NURLAILA.pdf

Download (988kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN - NABILA NURLAILA.pdf

Download (615kB)
[img] Text
Nabila NF (152211039)-Hubungan Mutu Pelayanan Kebidanan Dengan Kepuasan Pasien (2) - NABILA NURLAILA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
Nabila NF (152211039)-Hubungan Mutu Pelayanan Kebidanan Dengan Kepuasan Pasien (2) - NABILA NURLAILA.docx
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
JURNAL PENELITIAN HERLINA - NABILA NURLAILA.doc
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img] Text
Gambar 230216 104718 - NABILA NURLAILA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang :Kemenkes RI memberikan pengertian tentang mutu pelayanan kesehatan yang meliputi kinerja yang menunjukkan tingkat kesempurnaan pelayanan kesehatan, tidak saja yang memberikan kepuasan kepada pasien dan keluarganya sesuai dengan kepuasan rata-rata penduduk, tetapi juga sesuai dengan standar dan kode etik profesi yang telah ditetapkan. Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti tanggal 1 Desember 2022 di Wilayah Desa Pasekan,Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang setelah dilakukan wawancara pada Lima ibu yang pernah melahirkan di Puskesmas Pembantu Desa Pasekan,Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang pada bulan Sebtember, Oktober, November 2022 diketahui Dua ibu merasa puas terhadap pelayanan persalinan yang diberikan terhadap pasien dan Tiga ibu merasa kurang puas terhadap pelayanan persalinan. Metode: penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metodepositivistic (data konkrit)dengan Total Sampling. Penelitian ini dilakukan di Pusekesmas Pembantu Desa Pasekan pada tanggal 02-12Januari 2023. Populasi dan sampel yang digunakan adalah seluruh ibu yang pernah bersalin di Puskesmas Pembantu Desa Pasekan pada bulan Januari - Desember 2022 sejumlah 34pasien ibu bersalin.Pengumpulandatamenggunakanintrumentkuesioner.Teknik analisisdata yangdigunakan yaitu AnalisisUnivariatdanAnalisis Bivariat.Uji statistic yang digunakan pada penelitian ini adalah uji Kendall Tau. Hasil: HasilujiUnivariatmenunjukkanbahwa menyatakan mutu pelayanan kebidanan yang diberikan sudah baik yaitu sebanyak 22 responden (64.7%)puas dengan pelayanan kebidanan yang diterima yaitu sebanyak 24 responden (70.6%). HasilujiBivariatmenunjukkanbahwa terdapat hubunganyang signifikan antara mutu pelayanan kebidanan dengan kepuasan pasien bersalin(p = 0,159 α>0,05. Kesimpulan: Semakin baik mutu yang diberikan maka tingkat kepuasan akan meningkat.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIDNEmail
Thesis advisorSalafas, Etinidn062511801library@unw.ac.id
Keywords: Nabila Nurlaila Fatonah, 152211039, Mutu Pelayanan, Kepuasan Pasien
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas UNW > S1 Kebidanan
Depositing User: UPT Perpustakaan UNW 4
Date Deposited: 19 Nov 2023 00:05
Last Modified: 19 Nov 2023 00:05
URI: http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/3491

Actions (login required)

View Item View Item