HUBUNGAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN DENGAN MINAT KUNJUNGAN ULANG DI PUSKESMAS PEMBANTU DESA PASEKAN, KECAMATAN AMBARAWA, KABUPATEN SEMARANG

Alfatihah, Indah Ainaya (2023) HUBUNGAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN DENGAN MINAT KUNJUNGAN ULANG DI PUSKESMAS PEMBANTU DESA PASEKAN, KECAMATAN AMBARAWA, KABUPATEN SEMARANG. S1 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.

[img] Text
ABSTRAK - indah ainaya.pdf

Download (391kB)
[img] Text
BAB 1 - indah ainaya.pdf

Download (308kB)
[img] Text
BAB 3 - indah ainaya.pdf

Download (433kB)
[img] Text
BAB 5 - indah ainaya.pdf

Download (108kB)
[img] Text
LAMPIRAN DEPAN - indah ainaya.pdf

Download (643kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN - indah ainaya.pdf

Download (73kB)
[img] Text
SKRIPSI INDAH FIX-1 - indah ainaya.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI INDAH FIX - indah ainaya.docx
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
ARTIKEL PENELITIAN SKRIPSI INDAH - indah ainaya.docx
Restricted to Registered users only

Download (29kB)
[img] Text
Lampiran 4. Lembar Konsul - indah ainaya.pdf

Download (271kB)

Abstract

Latar Belakang : Puskesmas Pembantu adalah tempat pelayanan kesehatan dibawah coordinator dari Puskesmas Pusat. Kepuasan adalah perasaan senang terhadap sesuatu jika sesuai dengan harapannya. Niat beli ulang adalah perilaku konsumen pasca pembelian, jika anda puas anda cenderung akan membeli kembali lebih banyak produk. Hasil studi pendahuluan terdapat penurunan jumlah kunjungan pada pelayanan KIA dan KB, dari 469 pasien di tahun 2020 menjadi 423 di tahun 2021. Dan dari hasil wawancara 7 pasien didapatkan hasil 4 pasien merasa puas dan 3 pasien merasa kurang puas dengan pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan kepuasan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan dengan minat kunjungan ulang di Puskesmas Pembantu Desa Pasekan. Metode : Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling dengan total 55 responden yaitu seluruh pasien yang menerima pelayanan KIA dan KB di Puskesmas Pembantu Desa Pasekan pada bulan November 2022. Pengumpulan data menggunakan intrument kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Analisis Univariat dan Analisis Bivariat. Hasil : Hasil uji Univariat menunjukkan bahwa 30 responden (54,4%) puas dengan pelayanan yang diterima dan 35 responden (63,6%) berminat melakukan kunjungan ulang. Hasil uji Bivariat menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kepuasan pasien dengan minat kunjungan ulang (p = 0,175 α > 0,05). Simpulan : Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa sebagian besar pasien menyatakan puas dengan pelayanan kesehatan yang diberikan dan ada minat kunjungan ulang di Puskesmas Pembantu Desa Pasekan.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIDNEmail
Thesis advisorAfriyani, Luvi Diannidn0627048302library@unw.ac.id
Keywords: Indah Ainaya Alfatihah, 152211037, Kepuasan Pasien, Minat Kunjung Ulang, Pelayanan Kesehatan
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas UNW > S1 Kebidanan
Depositing User: UPT Perpustakaan UNW 4
Date Deposited: 23 Oct 2023 03:57
Last Modified: 23 Oct 2023 06:08
URI: http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/3293

Actions (login required)

View Item View Item